Juara Final AFF U-19 2013 Indonesia Menang Lewat Adu Penalti

Juara Final AFF U-19 2013 Indonesia Menang Lewat Adu Penalti


Kemenangan Indonesia sebagai Pemenang Piala AFF U-19 tahun 2013 harus ditentukan lewat adu penalti. Baik Indonesia maupun Vietnam gagal mencetak gol sepanjang 120 menit laga di Gelora Delta Sidorajo, Minggu 22 September 2013.

Indonesia menjuarai Piala AFF U-19 setelah pada babak final memenangi adu penalti atas Vietnam di Gelora Delta Sidoarjo. Adu penalti dilakukan setelah skor imbang 0-0 tak berubah hingga akhir babak tambahan. 

Vietnam hampir saja mencetak sebuah gol penentu kemenangan lima menit jelang perpanjangan waktu usai. Nguyen Phong hampir saja mencetak gol memanfaatkan kemelut di depan gawang Indonesia. Namun, beruntung bola masih melebar tipis.

Indonesia membalas buat peluang pada tiga menit akhir laga. Maldini Pali mendapatkan ruang untuk melepaskan tembakan. Tapi sepakannya masih terlalu mengarah tepat pada kiper Vietnam. 

Skor 0-0 berjalan 90 menit ditambah 30 menit perpanjangan waktu. Laga ditentukan lewat adu penalti.

Pada awal-awal laga, kedua kubu tidak hanya tampil agresif, tetapi juga disiplin dalam bertahan. Hasilnya, meski sama-sama berusaha mengalirkan serangan saat menguasai bola, kedua kubu juga kesulitan menciptakan peluang.

Perebutan bola berlangsung tanpa solusi sampai Muchlis Hadi melepaskan tembakan pada menit ke-8, yang meleset ke sisi kiri gawang Vietnam.

Kedua kubu kemudian kembali terlibat aksi saling serang yang alot hingga seorang pemain Vietnam melepaskan tembakan dari sektor kiri pertahanan Indonesia pada menit ke-28. Namun, kiper Ravi Murdianto berhasil mengeblok bola.

Vietnam kemudian memperbaiki penguasaan bola dan menyulitkan Indonesia melalui serangan balik. Namun, pada menit ke-34, Indonesia berhasil mencuri kesempatan dan melancarkan serangan yang berujung umpan silang dari Muchlis kepada Evan Dimas. Evan Dimas gagal menguasai umpan dengan baik sehingga bola bisa diamankan kiper Le Van Truong.

Vietnam kemudian melancarkan serangan cepat, yang berujung tembakan Nguyen Cong Phuong dari jarak dekat. Namun, Ravi berhasil mengantisipasinya.

Kedua kubu sama-sama terus berusaha mencetak gol. Namun, setelah tembakan Ilham terblok pada menit ke-43, tak ada peluang tercipta hingga peluit tanda turun minum berbunyi.

Pada babak kedua, Vietnam lebih dulu mengancam melalui Nguyen Song Phuong pada menit ke-50, yang kandas di tangan Ravi.

Indonesia membalas itu dengan tembakan Evan Dimas pada menit ke-55 dan Zulfiandi pada menit ke-56. Namun, kedua usaha itu hanya membuahkan tendangan gawang.

Vietnam kemudian melancarkan serangan cepat yang berujung tembakan dari Nguyen Van Toan dan Phan Thanh Hau. Lagi-lagi, Ravi menggagalkan usaha lawan.

Kedua kubu kemudian terlibat perebutan bola. Perebutan nyaris tanpa solusi hingga pada menit ke-69 Maldini melepaskan umpan silang yang sayangnya gagal dikuasai Ilham dengan sempurna. 

Indonesia mempertahankan tekanannya dan akhirnya mendapatkan peluang dari Hendra Sandi Gunawan pada menit ke-77, yang diblok Le Van Truong.

Ilham berhasil menjangkau bola muntah dan melepaskan tembakan. Seorang pemain lawan berhasil mengeblok usahanya.

Vietnam sempat merebut kendali permainan. Namun, Indonesia bisa mengatasinya dan kembali mencoba memanfaatkan waktu sisa untuk mencetak gol. Namun, skor 0-0 tak berubah hingga akhir babak normal.

Pada babak tambahan, kedua kubu bergantian menciptakan peluang. Namun, Ravi Murdianto dan Le Van Truong membuat angka di papan skor tak berubah hingga akhir. 

Pada menit ke-101 dan ke-118, misalnya, Indonesia mendapatkan peluang dari Maldini. Namun, tembakannya dijinakkan Van Truong.

Susunan Pemain:
Indonesia: Ravi Murdianto, Putu Gede, Shahrul, Hansamu, Fathur, Zulfiandi, Hargianto, Evan Dimas (C), Maldini, Ilham, Mukhlis

Vietnam: Truong, Song,Dong Trieu, Van Khanh, Nguyen Phong, Nguyen Anh, Duc Huy,Van Tanh, Xuan Troang (C), Nguyen C Phuong, Nguyen Van Toan.

Para eksekutor tendangan penalti AFF U-19 Championship 2013
Juara Final AFF U-19 2013 Indonesia Menang Lewat Adu Penalti
Juara Final AFF U-19 2013 Indonesia Menang Lewat Adu Penalti


Selain ketegangan dalam laga final tersebut, ada juga hal-hal menarik lainnya dalam pertandingan tersebut yaitu adanya komentator bola unik dan alay yang memandu pertandingan. 

Komentator tidak henti-hentinya meneriakkan kata-kata lucu penyemangat seperti Ahay, Jebreeeddd, bahkan dia menyebut-nyebut tokoh pahlawan untuk menggambarkan perjuangan membela sang merah putih. 








Description: Juara Final AFF U-19 2013 Indonesia Menang Lewat Adu Penalti Rating: 4 Reviewer: Penilai Artikel - ItemReviewed: Juara Final AFF U-19 2013 Indonesia Menang Lewat Adu Penalti

0 comments:

artikel terkait imam murtaqi