Backpacker Keliling Indonesia & Asia Tenggara

Backpacker Keliling Indonesia & Asia Tenggara


Menentukan tujuan dalam berwisata tidaklah sulit. Jika tidak ingin ke luar negeri, silakan bepergian ke provinsi di Indonesia, misalnya ke Sumatera, atau paling mudah ke kepulauan sekitar Pulau Jawa seperti Karimunjawa dan Sempu, lalu berlanjut ke Bali dan Nusa Tenggara Barat atau Timur jika mampu. 

Namun, banyak pula tujuan wisata di Indonesia dengan tingkat kesulitan jauh lebih tinggi dari tujuan internasional di negara tetangga. Jika belum mampu atau percaya diri untuk menjelajahnya, kita bisa berpikir untuk ke negara-negara Asia Tenggara. Selain belajar mempersiapkan paspor (kalau belum punya), kita bisa melihat budaya yang sedikit berbeda, dan merasa "terasing" walau sejenak.

Buat kamu Para Newbie BackPackers.. ada beberapa Syarat MUDAH yang mesti loe terapin sebelum berangkat ke Tujuan...

1. seorang Backpacker HARUS!! Bisa mengatur Management Keuangan Pribadi..!!! Pandai2lah merinci sedetil mungkin biaya perjalanan dari awal.. Perkiraan Transport, Menginap, Harga akomodasi menuju tempat wisata..., biaya Taxi, makan, jajan, pulsa, sumbangan sukarela dll... Itu adalah nyawa dari seorang backpackers... Tanpa merinci detail biaya perjalanan.. tinggal tunggu waktu pak polisi memulangkan kamu dengan sukarela... atau yg lebih baik gandol truk sisanya naik taxi bayar di rumah.....(tentu dalam kondisi perut kosong..) Cari segala Informasi Pengeluaran biaya di internet.. banyak sekali kok teman2 yang mau sharing pengalaman beserta rinciannya.. tujuan yang kamu cari juga pasti ada rincian biayanya...

2. sebisa mungkin bawa 1 Bag aja... jangan bawa perlengkapan lebih dari 2 tas!! dan usahakan semua tasnya model Ransel atau slempang!! satu di taruh di punggung satu di taroh di dada... Itu aja dah Menarik Perhatian Orang lho... Apalagi Kamu bawa Tas yang model Geledekan beroda... Pasti di bathin... "Mau Pindahan mas...." atau minimal.. "arah ke bandara bukan disini Mbak..." hahahaha....

3. KORE API bawa 2!! senter kecil, aqua botol tanggung, MP3player, HP, Charger, Anduk, Sabun, odol, sikat, pewangi, pembersih muka, itu hal yang Wajib di bawa!! Soalnya Gimana2 kan foto2nya mesti keliatan Keren... Jadi harus selalu standbye pembersih!! hahahaha.. Jangan lupa!! Celana renang Kalo ke pantai.. Biar ga nyesel!!

4. Peta, Atau Petunjuk arah, atau Segala Informasi Tentang Tujuanmu!! Semuanya ada di Internet!! jangan malu buka peta di muka umum..!! kadang itu bikin kita makin PEDE Lho!! Kalo cariInfo jangan kulitnya doank!! cari sampe ke akar-akarnya!! termasuk Living Cost, Jarak tiap tujuan, bahasa, sikap masyarakat disana.. dan cerita tentang peringatan berbahaya atau apapun...

5. Destination terbaik harus ke kota yang tingkat Keramahannya Paling Tinggi!! Jangan Nekat backpackeran ke daerah rawan perang dan kriminalitas tinggi kalo mau selamat!!! bisa2 dicopet karena bawa banyak tas...!!! Usahakan uji coba traveling ke jogja atau ke bali dulu.... 2 kota itu selalu jadi tujuan utama para backpackers pemula... yg lainnya.. terlalu beresiko kantong jebol!!
Backpacker
Backpacker

6. setelah kamu rinci semua anggaran biaya,
lebihkan sedikit aja.. 100 atau 150 rb buat prepare.. dan kamu letakkan di amplop yg terpisah!! JANGAN SEKALIPUN kamu Letakan uang buat biaya rincian perjalananmu di dompetmu!! Pisah jauh dari Dompetmu biar ga kepake..!! Peringatan ini Penting!! karna kenyataannya mereka yg ga misahin uang perjalanan dengan dompetnya pasti mengeluh kehabisan duit!!

7. kalo cari penginapan, usahakan booking dari kotamu sebelum kamu berangkat!!! booking dulu dan bilang kamu pesan satu hari!! Coba cari informasi losmen atau hotel murah di internet.. Pasti ada diskon promo... dan jangan jauh jauh dari pusat kota buat hemat ongkos laen-laennya...

8. Jangan mudah belanja sana sini...!!! kamu backpackers!! barang yg kamu bawa cuman bisa kamu sembunyiin di ransel kamu... kalo kelebihan barang bakal repot membawanya... menyusahkan...!!

9. Cari Tiket Transportasi Yang paling Gampang aksesnya... Contohnya KERETA kalo ke kota2 besar... bisa PATAS kalo ke daerah2 yang jalannya berliku2.. kita cari senang bukan cari penyakit.. terlalu diirit2 malah bikin perjalanan ga menyenangkan sama sekali!!!

10.Beranikan dirimu buat bertanya! atau sekedar berusaha ramah kepada penghuni sekitar tempat wisata...!!

11. jangan lupa, urus semua keperluan yang kamu butuhkan selama perjalanan.. Visa Pasport, KTP, Atau Idcard dsb.. STNK kayaknya ga perlu kalo kamu pake transport umum..

12. Backpacker selalu diuji tingkat kesabarannya buat mendapatkan sesuatu yang murah...seperti apa itu?? hehehehe... rasakan sendiri kalo dah mulai menjadi sorang backpacker. 



Setelah mempersiapakan apa saja dalam rencana backpacker, sekarang tinggal kemana tujuan yang hendak kita jalani?

Ok, sebagai contoh bagaimana kalau kita backpacker keliling asia tenggara?

Negara-negara Asia Tenggara mana sajakah yang patut dikunjungi ketika awal memulai perjalanan backpacking? Itu semua tergantung minat dan kemampuan. Berikut beberapa rencana perjalanan rekomendasi yang saya urutkan berdasarkan kepentingan waktu, biaya dan pengalaman.

Malaysia/Singapura

Jika baru pertama kali ke luar negeri, jarang jalan-jalan dan ingin infrastruktur yang nyaman, kunjungilah Malaysia dan/atau Singapura. Hampir pasti manajemen waktu akan lebih bermanfaat, karena kecenderungan tepat waktunya lebih tinggi dibanding negara-negara Asia Tenggara lain. Selain cocok untuk pemula, kedua negara ini cocok untuk mereka yang waktunya terbatas. 

Tapi ingat, kedua negara ini tidak hanya untuk belanja. Cobalah menjelajah ke lokasi-lokasi yang kurang populer di mata warga Indonesia, seperti Taman Negara, P. Tioman, Ipoh, Kota Bharu, Sarawak, G. Kinabalu di Malaysia atau P. Ubin di Singapura. Penggemar kereta api bisa menaiki "The Jungle Railway" dari Kuala Lumpur ke Kota Bharu di timur laut semenanjung Malaysia. Coba juga Cherating untuk wisata pantai dan Cameron Highlands untuk wisata pegunungan. 

Thailand
Thailand berhak ditulis sendiri dan dikunjungi dalam satu perjalanan saking luas dan menariknya negara ini. Cocok bagi mereka yang sudah "lolos" tahap pertama ke Singapura dan Malaysia dan menginginkan gegar budaya yang lebih tinggi. 

Aksara dan bahasa yang berbeda menjadi tantangan tersendiri. Terkenal dengan infrastruktur pariwisata yang baik untuk wisatawan dari barat, tak heran ia menjadi tujuan favorit warga Australia, negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. 

Bangkok bahkan dinobatkan Lonely Planet sebagai tujuan backpacking terbaik di dunia. Sepanjang wilayahnya dari utara ke selatan, kita mendapati banyak sekali atraksi-atraksi kepulauan dan budaya yang menarik. Cobalah menjelajah dari Phuket, Koh Samui, Ko Samet, Ko Pha Ngan, provinsi Krabi untuk wisata bahari/pantai. Kunjungi Ayutthaya, Chiang Mai dan Chiang Rai untuk wisata historis dan budaya. 

Thailand juga terkenal dengan wisata belanja dan kuliner, jadi jangan lewatkan juga.

Hoi An, kota tua di Vietnam

Vietnam atau Laos tidak memiliki infrastruktur pariwisata sebaik Thailand, tapi berkembang sangat pesat, terutama Vietnam. Negara ini sangat gencar membuka diri bagi wisatawan dengan menawarkan biaya hidup yang sangat murah, bahkan terkadang lebih murah dari Indonesia. 

Laos adalah gambaran negara yang lebih tenang dari Vietnam dan patut dikunjungi jika ingin wisata yang tenang dan romantis. Beberapa sorotan di Vietnam adalah Hanoi, Hoi An, Mui Ne, Ha Long Bay, Ho Chi Minh City dan Mekong Delta. Laos memiliki Vientiane dan Luangprabang.

Kamboja/Myanmar

Kamboja menawarkan pengalaman wisata historis dan budaya yang autentik terutama di Siem Reap, jika kita tertarik dengan keindahan candi Angkor Wat. Selain itu, Phnom Penh juga punya nilai historis yang kental. Jika semangat bertualang, bisa mencoba road trip atau perjalanan dengan kapal menyusuri Sungai Tonle Sap dari Siem Reap ke Phnom Penh.

Bagi yang lebih berani lagi berpetualang, cobalah ke Myanmar dan kunjungi reruntuhan Kerajaan Bagan di Mandalay yang mempersatukan negara ini sebelum ditubuhkan sebagai republik, atau Danau Inle, juga di Mandalay, yang dihuni 22 lebih etnis. 

Bagaimana dengan Brunei? Negara ini kurang populer sebagai tujuan backpacking, tapi jika dilakukan bersamaan dengan perjalanan melintasi P. Kalimantan bagian utara maka tidak ada ruginya dicoba. 

Kesimpulannya, mulailah dengan yang mudah, walau tak selalu murah: Singapura dan Malaysia dalam satu kali bepergian, lalu dilanjutkan dengan Thailand, dan pilihlah antara Vietnam atau Laos. Jika masih ada waktu dan keinginan, silakan jelajahi Kamboja. Jika ada keberanian, boleh melirik Myanmar.







Description: Backpacker Keliling Indonesia & Asia Tenggara Rating: 4 Reviewer: wahyu winoto - ItemReviewed: Backpacker Keliling Indonesia & Asia Tenggara

0 comments:

Poskan Komentar

artikel terkait imam murtaqi