Sirkulasi Darah Manusia

Sirkulasi Darah Manusia


Sirkulasi Darah Manusia

Setiap saat, dalam tubuh manusia terjadi proses sirkulasi berbagai macam zat yang dibutuhkan tubuh. Diperlukan peredaran media pengantar dan alat-alat yang turut berperan dalam sirkulasi untuk melakukan proses ini. Media dan alat-alat ini bekerja bersama-sama membentuk suatu sistem yang dikenal dengan sistem sirkulasi darah. Media yang berperan dalam peredaran zat-zat penting ke seluruh tubuh ini adalah darah.Sirkulasi Darah Manusia



Darah & Penyusunnya


Darah merupakan suspensi berwarna merah yang terdapat dalam pembuluh darah. Warna merah ini dapat berubah-ubah, kadang-kadang berwarna merah tua dan kadang-kadang berwarna merah muda. Hal ini tergantung pada kadar oksigen dan karbon dioksida yang terkandung di dalamnya.



Dalam tubuh manusia mengalir sekitar 6 liter darah. Darah manusia terdiri dari dua komponen, yaitu sel-sel darah dan plasma darah atau cairan darah. Struktur sel darah manusia dapat Anda amati pada Gambar 5.1 dan pada Tabel 5.2. Sementara itu, komponen plasma darah beserta strukturnya terdapat pada Tabel 5.1.


Sel-Sel Darah


Sel-sel darah merupakan sel-sel hidup. Anda dapat melihat adanya dua lapisan dari darah yang didiamkan. Lapisan atas berupa cairan darah atau plasma darah. Lapisan bawah merupakan sel-sel darah yang terdiri dari eritrosit (sel-sel darah merah), leukosit (sel-sel darah putih), trombosit (keping-keping darah atau sel pembeku darah). Setiap bagian dari sel-sel darah ini memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda.Sirkulasi Darah Manusia








Darah memerlukan alat-alat sirkulasi untuk melakukan berbagai fungsi di atas. Mengenai alat-alat peredaran &sirkulasi darah akan dibahas pada materi berikut.



Demikian artikel "Sirkulasi Darah Manusia" ini saya susun, artikel ini saya ambil dari ( BSE ):

Sirkulasi Darah Manusia



Description: Sirkulasi Darah Manusia Rating: 4 Reviewer: Imam Murtaqi - ItemReviewed: Sirkulasi Darah Manusia

0 komentar:

Poskan Komentar

artikel terkait imam murtaqi