Contoh Pidato Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)

Contoh Pidato Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)


Tanggal 2 Mei kita peringati sebagai hari pendidikan nasional. Makna terdalam dalam Hari Pendidikan Nasional adalah untuk Mengenang Jasa Pahlawan Pendidikan . Pada tahun 2012 ini menteri pendidikan nasional Mendiknas Mohammad Nuh mengatakan, pendidikan karakter tidak hanya untuk membangun karakter pribadi berbasis kemuliaan semata, tetapi secara bersamaan juga bertujuan membangun karakter kemuliaan sebagai bangsa, yang bertumpu pada kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa dan negara, kemdiknas memberi tema Pendidikan Karakter sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa Raih Prestasi Junjung Tinggi Budi Pekerti pada peringatan Hardiknas tahun ini.

Hari Pendidikan Nasional
Hari Pendidikan Nasional

Kementerian Pendidikan Nasional Kemdiknas memberi Tema Hari Pendidikan Nasional Tahun ini yaitu Pendidikan Karakter sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa Raih Prestasi Junjung Tinggi Budi Pekerti pada peringatan Hardiknas tahun ini. Dengan tema tersebut, peringatan yang akan digelar pada Senin 2 MEI 2012 itu diharapkan tidak hanya sebagai kegiatan seremonial seperti biasanya, tetapi harus diwujudkan dalam kegiatan nyata.

Nah, bagi anda yang sedang mempersiapkan Pidato untuk Sambutan dalam Acara Peringatan Hardiknas, berikut ini Contoh Pidato untuk Acara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Saudara-saudara hadirin yang kami hormati
Hari ini tepat tanggal 2 Mei 2102 kita bersama-sama berkumpul memperingatinya sebagai Hari Pendidikan Nasional yang juga merupakan hari bersejarah bagi bangsa indonesia.
Saya katakan bersejarah karena kita sebagai bangsa yang merdeka telah pernah mencatat, bahwa pendidikan di Indonesia juga pernah kita pergunakan sebagai andil besar dalam rangka memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
Kita menyadari bahwa bangsa yang maju tercermin dalam tingkat pendidikannya yang berlaku. Indonesia pernah dijajah bangsa lain dalam kurun waktu yang cukup lama. Telah banyak ketinggalan kita dengan negara-negara maju lainnya. Akibat dari penjajahan membuat bangsa kita menjadi keterbelakangan. Tingkat kemajuan menjadi kacau. Penjajah memanfaatkan kemunduran ini untuk tetap menjajah dan menguras kekayaan INDONESIA.
Kini menjadi sejarah bangsa Indonesia telah mencatat lahirnya Ki Hajar Dewantara sebagai bapak pendidikan. Beliau telah mempelopori pendidikan bangsa. Beliau yakin, untuk membangun bangsa dan negara diperlukan generasi-generasi yang pandai dan cakap. Kecakapan itu hanya diperoleh dengan menganggap pentingnya arti pendidikan bagi sebuah bangsa.
Semangat inilah yang mendorong beliau untuk mewujudkan cita-citanya. Didirikanlah sekolah-sekolah. Mula-mula dalam bentuknya yang sederhana. Dari sana muncullah generasi-generasi pelopor bangsa. Yang padaakhirnya bangkit mengusir penjajah di persada Indonesia.
Kini hasil perjuangan Ki Hajar Dewantara telah tampak. Banyak sekolah-sekolah yang berdiri bagai jamur di musim hujan, bangsa Indonesia makin sadar berapa pentingnya pendidikan itu.
Kini kita sebagai bangsa yang merdeka. Marilah kita tingkatkan mutu pendidikan ini dengan lebih banyak lagi menyumbangkan moril ataupun materil untuk kemajuan bangsa dan negara.Kini tak pelak lagi bahwa pendidikan, merupakan kebutuhan mutlak yang harus kita bina, kita tingkatkan untuk mencapai cita-cita kemerdekaan.
Demikian singkat sambutan kami, selamat belajar, selamat berjuang. Terima kasih

Demikianlah Contoh Pidato Sambutan pada Peringatan Hardiknas 2012 semoga dapat bermanfaat.








Description: Contoh Pidato Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Rating: 4 Reviewer: Penilai Artikel - ItemReviewed: Contoh Pidato Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)

1 comments:

Anonim mengatakan...

pidatony keren ,..

artikel terkait imam murtaqi