peredaran darah reptilia

peredaran darah reptilia



Sistem Peredaran darah tertutup Reptilia - Sistem sirkulasi reptil lebih maju dibandingkan dengan katak. Perhatikan Gambar 5.20. Jantung terdiri dari empat ruangan yaitu ventrikel kanan, ventrikel kiri, atrium kanan, dan atrium kiri serta sebuah sinus venosus. Antara ventrikel kanan dan kiri terdapat sekat yang belum sempurna sehingga terjadi percampuran darah yang kaya O2 dalam ventrikel kiri dengan darah yang kaya CO2 dalam ventrikel kanan.






Khusus pada jantung buaya, pada sekat antar ventrikel terdapat lubang kecil yang disebutforamen panizzae yang berfungsi sebagai berikut.peredaran darah reptilia

1) Memungkinkan distribusi oksigen yang cukup ke alat pencernaan.
2) Memelihara keseimbangan tekanan cairan di dalam jantung pada waktu menyelam.

Sistem sirkulasi darah pada reptil termasuk sistem sirkulasi darah ganda. Darah dari vena yang kaya CO2 masuk ke jantung melalui sinus venosus ke bagian atrium kanan lalu ke ventrikel kanan. Kemudian, darah dipompa menuju paru-paru. Darah dari paru-paru yang kaya O2 masuk ke atrium kiri, dilanjutkan ke ventrikel kiri. Darah dari ventrikel kiri dipompa keluar melalui aorta menuju ke seluruh tubuh.









Demikian artikel "peredaran darah reptilia" ini saya susun, artikel ini saya ambil dari ( BSE ):

peredaran darah reptilia



Description: peredaran darah reptilia Rating: 4 Reviewer: Imam Murtaqi - ItemReviewed: peredaran darah reptilia

0 komentar:

Poskan Komentar

artikel terkait imam murtaqi