Pengertian Membaca Ekstensif

Pengertian Membaca Ekstensif


pengertian membaca ekstensif

Membaca Ekstensif - Membaca ekstensif adalah membaca yang bersifat menjangkau secara luas. Dengan membaca ekstensif, Anda tidak semata-mata mengetahui isi teks saja, tetapi Anda juga akan menyerap pengetahuan yang lebih umum atau luas.demikianlah gambaran umum dari membaca ekstensif.


Anda pernah mendengar kelas akselerasi? Kelas akselerasi adalah sekolah yang mengikuti proses percepatan dan diperuntukkan bagi siswa-siswa berprestasi, artinya siswa mengikuti sekolah lebih cepat dari waktu yang ditentukan. Dalam mencoba memahami apa itu membaca ekstensif, nari kita simak wacana dibawah ini dengan tema kelas akselerasi.
pengertian membaca ekstensif


Kelas Akselerasi Siapa Takut


Masa muda adalah masa yang paling indah Namun, hanya sedikit remaja yang menyadari hal itu. Salah satu di antaranya ialah Mutiara Indriani. Remaja belia ini kini duduk di kelas 2 SMAN 8 Jakarta. Remaja yang lahir pada 23 Februari 1989 ini sangat menikmati kemudahan yang disediakan pemerintah. Bagaimana tidak? Masa SMP-nya diselesaikan dalam dua tahun di SMP Al-Azhar Jakarta


Bagaimana pengalaman Anda selama belajar di kelas akselerasi? ( dari sini penulis mencoba mengembangkan topik gagasan, suatu bentuk nyata dari membaca ekstensif )

“Ketika SMP, pergaulan saya sangat sempit. Semua waktu digunakan hanya untuk belajar. Hasilnya, saya selalu berada di peringkat pertama. Ketika lulus SMP, saya bertekad tidak masuk aksel lagi. Namun, ketika masuk SMAN 8, ada program aksel dan banyak kemudahan yang ditawarkan. Saya jadi tertarik. Saya pikir
kalau saya punya potensi, mengapa tidak saya gunakan?”


Mana yang lebih berat, ketika SMP atau SMA? ( Sudah sangat jelas tema sudah masuk tahap diperluas, sampai tahap ini sudah termasuk bacaan yang bersifat ekstensif )

Semasa SMP dulu saya belajar terus. Sekarang tidak sefokus dulu, bebannya lebih berat. Saya banyak teman, pergaulan lebih luas, kegiatan banyak, les ini itu, sehingga untuk mendapat nilai bagus harus belajar ekstra keras. Menurut saya, pelajarannya sama saja, bebannya tidak berbeda jauh, namun waktunya yang kurang. Oleh karena itu, kita harus pintar bagi waktu.


Apa saja kegiatan yang kamu ikuti dan bagaimana kamu membagi waktunya?


Saya mengikuti berbagai kegiatan yang ada di sekolah dan di luar kegiatan sekolah seperti les biola. Oleh karena itu, saya terbiasa dengan jadwal yang padat. Semua kegiatan saya on schedule, termasuk bermain bersama teman-teman. Ada target yang harus tercapai setiap harinya, dari hari Minggu sampai Sabtu.


Bagaimana kamu mengimbangi teman sekelas yang usianya lebih dari kamu? Adakah kesulitan dalam pergaulan? ( Membaca Ekstensif sudah sangat jelas disini )


pengertian membaca ekstensif
Walaupun saya lebih muda, namun karena perbedaannya tidak jauh, semuanya biasa-biasa saja. Kita semua mempunyai tekad yang sama, beban yang sama. Lagi pula, sekolah menyediakan psikolog bagi anak-anak aksel. Kami bisa konsultasi setiap saat. Pokoknya saya senang di aksel. Buat teman-teman di mana saja, kalau ada kesempatan, gunakan kesempatan itu dengan baik karena kesempatan baik belum tentu datang dua kali. Gunakan masa muda dengan baik karena masa itu tidak akan kembali lagi.




Nah, setelah kawan kawan membaca bacaan di atas, sadarkah teman bahwa apa yang kita dapat dari bacaan diatas tidaklah hanya tema awal bacaan saja melainkan tata pergaulan dari obyek pembicaraan? sesuai dengan definisi yang telah kita canangkan diatas, Membaca ekstensif adalah membaca yang bersifat menjangkau secara luas. Dengan membaca ekstensif, Anda tidak semata-mata mengetahui isi teks saja, tetapi Anda juga akan menyerap pengetahuan yang lebih umum atau luas.


Demikian artikel ini saya susun, semoga Definisi pengertian membaca ekstensif ini dapat berguna bagi saudara saudara semua ^_^

baca juga unsur intrinsik ekstrinsik pada teks bacaan





Description: Pengertian Membaca Ekstensif Rating: 4 Reviewer: Imam Murtaqi - ItemReviewed: Pengertian Membaca Ekstensif

0 comments:

artikel terkait imam murtaqi