Manfaat Ilmu Ekonomi dan Bidang-bidang Ilmu Ekonomi

Manfaat Ilmu Ekonomi dan Bidang-bidang Ilmu Ekonomi


Manfaat Ilmu Ekonomi dan Bidang-bidang Ilmu Ekonomi


Seperti yang telah dipelajari sebelumnya bahwa ilmu ekonomi mempelajari bagaimana mengalokasikan segala sesuatu yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas. Maka dengan adanya segala keterbatasan yang dimiliki oleh manusia, tentu saja ilmu ekonomi mempunyai peran penting untuk membantu memecahkan masalah yang ada.

Secara individu dengan memanfaatkan ilmu ekonomi, kita dapat mengatur kehidupan pribadi kita seperti bagaimana mengalokasikan uang yang terbatas, waktu yang terbatas, tempat yang terbatas dan lain sebagainya sehingga kita dapat mencapai apa yang diinginkan. Kita tahu bahwa masing-masing individu atau pribadi mempunyai cara-cara tersendiri yang spesifik dan unik untuk mengatur dirinya sendiri, sehingga masalah pengalokasian kelangkaan/keterbatasan untuk masing-masing individu tidak perlu dipertentangkan.
Peran ilmu ekonomi lebih luas adalah membantu menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi pada masyarakat, negara maupun dunia internasional. Tanpa membeda-bedakan skope permasalahannya, kelangkaan dirasakan oleh semua pihak yang ada di dunia ini. Barangkali hanya di Surgalah, suatu tempat di mana kita tidak merasakan adanya kelangkaan.
Ekonomi
Ekonomi

Dalam kehidupan masyarakat ilmu ekonomi membantu menguraikan, menggambarkan, dan meramalkan berbagai perilaku ekonomi. Mengapa terjadi kemacetan, kelaparan, dan kemiskinan? Apa dampak kemacetan terhadap produktivitas? Mengapa harga barang-barang pokok cenderung meningkat?

Dengan menggunakan ilmu ekonomi maka pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat terjawab, dan dapat dicarikan suatu solusi. Ilmu ekonomi juga membantu pemerintah untuk dapat merumuskan berbagai kebijakan agar kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.
Bidang-bidang ilmu ekonomi, meliputi
1. organisasi industri,
2. ilmu ekonomi regional dan perkotaan,
3. ekonometrika,
4. sistim ekonomi komparatif,
5. pembangunan ekonomi,
6. ilmu ekonomi tenaga kerja,
7. keuangan,
8. ilmu ekonomi internasional,
9. ilmu ekonomi publik,
10. sejarah ekonomi,
11. ilmu ekonomi dan hokum, dan


***
Sumber: Aspek Dasar Ekonomi Mikro Oleh Tri Kunawangsih & Anto Pracoyo






Description: Manfaat Ilmu Ekonomi dan Bidang-bidang Ilmu Ekonomi Rating: 4 Reviewer: Penilai Artikel - ItemReviewed: Manfaat Ilmu Ekonomi dan Bidang-bidang Ilmu Ekonomi

0 comments:

artikel terkait imam murtaqi