Kalimat Inti dan Kalimat Transformasional

Kalimat Inti dan Kalimat Transformasional


Kalimat Inti dan Kalimat Transformasional


 - Apa definisi kalimat inti ? Apa definisi kalimat transformasional ? dan apa perbedaan diantara keduanya? dalam artikel kita kali ini kita akan membahas tentang kalimat inti dan kalimat transformasional, disertai dengan contoh contohnya.


Definisi Kalimat Inti dan Kalimat Transformasi


Kalimat inti adalah kalimat yang hanya terdiri atas dua unsur pusat, yaitu unsur subjek dan predikat, tanpa mengalami perluasan pada salah satu unsurnya.


Jika kalimat inti telah mengalami perubahan berupa susunan katanya atau intonasinya, kalimat tersebut tidak menjadi kalimat inti lagi, walaupun masih merupakan kalimat mayor. Kalimat tersebut menjadi kalimat transformasional. Perubahan dari kalimat inti menjadi kalimat transformasional dapat dilakukan dengan cara mengubah tata urut unsur unsur intinya, mengubah intonasi netralnya, atau memperluas kalimat inti tersebut. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh kalimat di bawah ini!
Kalimat Inti dan Kalimat Transformasional



Contoh Kalimat inti:


Adik menangis.


Contoh Kalimat transformasional:


a. Dengan perubahan intonasi:




b. Dengan perubahan urutan kata:



.


Demikian artikel "Kalimat Inti dan Kalimat Transformasional" ini saya susun teman teman. semoga apa yang telah kita pelajari beberapa saat yang lalu dapat bermanfaat untuk kita semua.


Baca juga






Description: Kalimat Inti dan Kalimat Transformasional Rating: 4 Reviewer: Imam Murtaqi - ItemReviewed: Kalimat Inti dan Kalimat Transformasional

0 comments:

artikel terkait imam murtaqi