Recent Posts

Add Logo ADIRA SEO Festive 2011

10 Bencana Alam Terbesar di Dunia

10 Bencana alam terbesar di dunia

Sebuah bencana alam merupakan konsekuensi dari bahaya alam (misalnya letusan gunung berapi, gempa bumi, tanah longsor) yang bergerak dari potensi ke tahap yang aktif, dan sebagai hasilnya akan mempengaruhi kegiatan manusia. Dalam beberapa kasus bencana tersebut telah mengakibatkan hilangnya jutaan jiwa. Ini adalah daftar 10 besar bencana alam (peringkat dengan jumlah korban jiwa). Dari fewest dengan jumlah korban meninggal terbanyak:

1. Banjir Sungai Kuning -1931, Cina[meninggal: 1000000-4000000].
The 1931 banjir Sungai Kuning (huang he flood)merupakan bencana alam terbesar yang pernah tercatat dengan paling banyak memakan korban meninggal dunia dari abad kedua puluh . Perkiraan jumlah orang tewas dalam banjir 1931 berkisar dari 1 sampai 4 juta orang. Kematian yang disebabkan oleh banjir yang dimaksud termasuk didalamnya korban karena tenggelam, penyakit,kelaparan, dan kekeringan. Sungai tersebut sering disebut “China’s sorrow” karena jutaan orang telah dibunuh oleh banjir.

Gambar dibawah adalah pengungsi akibat banjir sungai kuning

2. Banjir Sungai Kuning - 1887, Cina [meninggal: 900000 - 2000000]
Sungai Kuning (Huang he) di China banyak wilayah yang rawan banjir, karena luas bentangan tanah datar yang sebagian besar di sekelilingnya. Sungai Kuning 1887 banjir dan menghancurkan daerah ini, antara 900.000-2.000.000 orang meninggal dunia. Ini merupakan salah satu bencana alam yang paling banyak memakan korban yang pernah tercatat.Pada 1887,dasar laut naik, bersamaan dengan hujan deras,menyebabkan banjir besar.
Berkat dataran rendah di dekat kawasan, banjir menyebar dengan cepat di seluruh Cina Utara, yang meliputi perkiraan 50.000 mil persegi, swamping pertanian permukiman dan pusat komersial. Setelah banjir, dua juta orang hilang tempat tinggal. Hasil pandemi dan kurangnya diklaim sebagai dasar penting kehidupan seperti banyak yang hilang secara langsung oleh banjir itu sendiri.

Gambar dibawah adalah perahu disungai kuning.


3.Badai siklon Bhola - 1970, Bangladesh [meninggal: 500000 - 1000000]
bhola cyclone badai siklon yang memukul Pakistan Timur (sekarang Bangladesh) pada 12 November, 1970. Itu adalah badai siklon dengan kematian terbanyak yang pernah terjadi, dan salah satu deadliest bencana alam di masa modern. Hingga 500.000 orang kehilangan nyawa dalam badai, terutama akibat banjir yang melanda badai banyak yang lebih rendah dari pulau-pulau Delta Ganges. Pemerintah Pakistan yang telah dikritik hebat untuk penanganan operasi bantuan yang mengikuti badai, baik oleh para pemimpin politik lokal di Pakistan Timur dan di media internasional.
badai yang intensif menjadi parah berhubung dgn topan badai pada 11 November, dan mulai berbelok ke arah timur laut karena mendekati kepala teluk. Yang jelas mata dibentuk dalam badai, dan pernah mencapai puncaknya yang kemudian hari dengan angin yang berkesinambungan dari 185 km / h (115 mph).

Gambar dibawah adalah dampak badai


4. Gempa bumi shaanxi - 1556, Cina [meninggal: 830000]
tahun 1556 gempa bumi Shaanxi atau gempa Hua County adalah gempa bumi terbanyak memakan korban yang pernah tercatat, membunuh sekitar 830.000 orang. Hal ini terjadi pada pagi 23 Januari 1556 di Shaanxi, Cina. Lebih dari 97 negara yang terpengaruh. 520 mil luas kawasan telah hancur dan di beberapa negara, enam puluh persen penduduk dibunuh. Sebagian besar penduduk di daerah yang tinggal di yaodong,gua di tebing, banyak yang runtuh selama terjadinya bencana, dengan hilangnya nyawa. berdasarkan data geologi, besarnya gempa berkisar 8 scala righter.merupakan gempa bumi yang paling mematikan dan bencana alam deadliest kelima dalam sejarah, telah terjadi gempa bumi yang lebih tinggi dengan magnitudes. Terus gempa susulan yang terjadi beberapa kali dalam sebulan untuk setengah tahun.




5. Badai siklonIndia- 1839, India [meninggal: 300.000 +]
Pada tahun 1839, gelombang air pasang besar disebabkan oleh Siklon, puluhan pelabuhan di kota Coringa yang tidak seluruhnya dibangun kembali; 20.000 kapal di teluk yang hancur dan 300.000 orang meninggal. Ini bukan pertama malapetaka besar terjadi di Coringa: 1789 dalam tiga gelombang yang disebabkan oleh topan yang hancur kota pelabuhan di muara sungai yang Ganges. Kebanyakan kapal yang kelem dan diperkirakan 20.000 orang tenggelam.


6. Banjir Kaifeng - 1642, Cina [meninggal: 300000]
Kaifeng, sebuah kota di provinsi Henan timur, People’s Republic of China, yang terletak di sepanjang selatan dari Sungai Kuning, adalah banjir di 1642 oleh tentara Ming dengan air dari Sungai Kuning untuk mencegah pemberontak petani dari Li Zicheng. Kira-kira setengah dari 600.000 penduduk Kaifeng dibunuh oleh banjir dan bencana kelaparan dan sampar, membuatnya menjadi salah satu penyebab kematian terbesar dalam sejarah. Banjir ini menjadi bencana alam besar karena peran serta sungai Huang he.


7. Gempa Bumi Tangshan - 1976, Cina [meninggal: 242000]
Gempa bumi Tangshan merupakan salah satu yang gempa bumi terbesar pada zaman modern, dalam hal kematian terbanyak. Dari pusat gempa bumi yang telah gempa bumi di dekat Tangshan di Hebei, Cina, sebuah kota industri dengan sekitar satu juta penduduk. Gempa bumi dipagi hari, di 03:42:53.8 waktu setempat (1976 27 Juli 19:42:53.8 UTC), dan berlangsung selama sekitar 15 detik. Pemerintah Cina mencatat kekuatannya gempa sekitar 7,8 pada skala Richter, meskipun beberapa sumber daftar mencatat8,2. Itu adalah gempa pertama dalam sejarah terkini.



8. Kegagalan bendungan Banqiao - 1975, Cina [meninggal: 231000]
Bendungan bang1iao dirancang untuk menahan banjir(306 mm (12 inci) curah hujan per hari). Pada bulan Agustus tahun 1975,terjadi banjir, penuangan lebih dari satu tahun curah hujan dalam 24 jam, prakiraan cuaca yang gagal untuk diprediksi. Gerbang pintu air yang tidak mampu menangani luapan air, sebagian karena halangan sedimentasi. Sebagai hasil dari halangan, 64 dam-dam gagal.
Ketika bendungan akhirnya menyerbu, itu disebabkan gelombang besar, 10 kilometer (6 mil) luas, 3-7 meter (9-23 kaki) tinggi, buru-buru ke bawah ke dalam dataran di bawah di hampir 50 kilometer per jam (31 mph ).hampir puluhan daerah panjang 55 kilometer, lebar 15 kilometer, dibuat sementara sebagai danau besar 12.000 km ² (4.600 mil persegi). Evakuasi yang belum sepenuhnya disampaikan karena kondisi cuaca buruk dan komunikasi


9. Gempa bumi Samudra Hindia - 2004, Samudra Hindia [meninggal: 230000]
tahun 2004 gempa bumi Samudra Hindia, yang dikenal oleh masyarakat ilmiah sebagai gempa bumi Sumatera-Andaman, adalah di bawah gempa yang terjadi di 00:58:53 UTC (07:58:53 waktu lokal) 26 Desember 2004, dengan pusat gempa bumi di bagian pantai barat Sumatera, Indonesia. Gempa dipicu serangkaian tsunami di sepanjang pantai yang paling landmasses diperbatasan Samudera Hindia, membunuh orang dalam jumlah besar dan inundating masyarakat pesisir.
Besarnya gempa pada awalnya dicatat sebagai 9,0, namun telah meningkat menjadi 9,1 dan 9,3. Pada tingkat ini, ia adalah gempa kedua terbesar yang pernah tercatat pada seismograf. cukup besar yang menyebabkan seluruh dunia ikut bergetar sebanyak setengah inci, atau lebih dari satu sentimeter.


10. Gempa buni Aleppo - 1138, Syria [meninggal: 230000]
Aleppo terletak di sepanjang bagian utara Laut Mati, yang merupakan batas lempengan yang memisahkan Arab plat from the african plat. Gempa bumi ini adalah pertama dari dua konsekuensi dari gempa bumi hebat di wilayah itu: Oktober 1138 hingga Juni 1139 dan yang lebih berat dari serangkaian September 1156 sampai Mei 1159.
Kawasan yang paling menderita adalah Harim. Sumber menunjukkan bahwa kastil yang jatuh dan gereja telah hancur. Fort dari Atharib, kemudian diduduki oleh Muslim, telah hancur. Benteng yang juga runtuh, membunuh 600 dari penjaga istana, meskipun gubernur dan beberapa orang selamat, dan melarikan diri ke Mosul.

Masalah-Masalah Yang Dihadapi Indonesia


Kandungan terpenting dalam memahami kecenderungan politis di Indonesia, yakni bagaimana kita memahami aspek keragaman sosial itu sendiri. Sementara itu, dalam kontek pemahaman demokrasi, terletak pada kemampuan kita mengelola dengan baik potensi-potensi sosial tersebut menjadi semacam modal kultural. Sehingga, keragaman sosial itu, dapat kita jadikan semacam potensi sosial, guna memperkuat nilai-nilai demokrasi. Harapan dan angan-angan membangun masyarakat Indonesia yang demokratis, bagaimanapun juga harus dikuasai sebagai variabel pendukung pembaharuan, bukan justru dijadikan sumber masalah, untuk kemudian dijadikan alasan terjadinya konflik sosial. Pada tahap bahwa keragaman sosial dinyatakan sebagai kekayaan atas bentuk demokrasi "model Indonesia", menurut hemat penulis akan melahirkan beragam bentuk prasyarat-prasyarat politis- yang intinya lebih banyak melakukan beragam akomodasi- dan bukan berupa represi kultural, seperti pernah dilakukan oleh rezim Orde Baru. Oleh sebab itu, kekuasan negara di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang serba multi-kultural ini, hendaknya penguasa politik tidak mungkin hanya menyederhanakan masalah melalui praktek politik jargon-jargon seperti: integrasi, kebhinekaan dan bentuk kekuasaan feodal yang hegemonik.

Sebaliknya, apabila potensi sosio-kultural itu tidak dikelola dengan baik, besar kemungkinannya akan melahirkan pergesekan-pergesakan kultural yang berjung pada ketidak-stabilan politik. Selama kurun perubahan politik pasca kejatuhan Orde Baru, telah kita saksikan betapa buruknya pengelolaan potensi sosial oleh kekuasaan negara. Terlebih, apabila kita melihat bangkitnya gerakan sparatisme akhir-akhir ini, dengan kasat mata, kekuasaan politik terlalu mudah menyederhanakan masalah. Keragaman tuntutan dimaknai hanya sebagai bentuk kerewelan daerah-serta dianggap menggangu kedudukan pusat kekuasaan. Padahal, suka atau tidak suka, tuntutan perubahan dari beragam bangsa-bangsa di Indonesia, akan terus menerus menjadi sebuah keniscayaan politik yang sulit untuk kita bendung. Keragaman sebagai keniscyaan wacana multikulturalisme hendaknya dijadikan paradigma baru dalam merajut kembali hubungan antarmanusia yang belakangan selalu hidup dalam suasana penuh konflikstual. Saat ini muncul kesadaran masif bahwa diperlukan kepekaan terhadap kenyataan kemajemukan, pluralitas bangsa, baik dalam etnis, agama, budaya, sampai dengan orientasi politik. Tawaran paradigma berupa kesadaran multikulturalisme,memang, bukanlah hal yang baru. Masalahnya, bagaimana caranya kita dapat memobilisasikan konsep keberagaman tersebut melalui proses pengambilan keputusan politis. Pasalnya, selang bertahun-tahun, konsep keberagaman yang dijabarkan secara politis ke dalam konsep Kebhinekaan, hanya bekerja pada tataran kognitif semata. Sebaliknya, dalam praktek kekuasaan yang ada, justru melakukan tindak penolakan (ketidak-konsistensi), seperti tergambarkan melalui sentralisasi politik dan sosial. Penyelewengan konsepsi bernegara semacam itu, setidaknya berhasil menghadirkan kondisi yang buruk- seperti melahirkan stigma politis atas hak-hak manusia Indonesia. Berdasarkan sudut pandang seperti itu, sudah semestinya, yang kita butuhkan sekarang adalah model kekuasaan Indonesia yang cerdas, dalam arti mampu melihat ancaman menjadi potensi. Konsepsi Indonesia dengan segala bentuk keragaman kulturalnya, pada tahapan teoritik, akan membawa masyarakat Indonesia pada bentuk kesadaran, bahwa kita merupakan bangsa yang majemuk (plural), bangsa yang kaya ragamnya (diversity) dan sebagai bangsa multikultural. Dengan kenyataan semacam ini, konklusi yang hendak ditawarkan di sini adalah; bagaimana para pelaku politik mempunyai tanggung jawab yang memadai- dan dengan maksud mampu mengakomodir segala bentuk kemajemukan sosial. Sifat hetrogenik semacam ini, bilamana tidak dijadikan sebagai landasan kerja politik , menurut hemat penulis akan semakin menjauhkan posisi para politisi negara/aparatus negara dengan massa pendukungnya. Terlebih, apabila kita kaitkan kondisi tersebut dengan tuntutan perubahan ke depan. Secara terang benderang, para politisi telah meramalkan suatu kondisi dunia dengan meningkatnya kesadaran etnositas yang serba tidak tunggal (majemuk) dan penuh konflik jangka pendek.

Indikasi kebenaran teoritik tersebut, secara kasatmata sudah kita rasakan saat ini. Persoalannya, model demokrasi yang menekankan kesadaran pluralitas, harus didasarkan semangat egaliterisme- dengan muatan dan prasayarat yang sangat kompleks. Hal ini sejalan dengan pandangan ahli filsafat bernama James Mills yang menyatakan bahwa demokrasi bersifat plural tidak dapat dipraktekan dengan semena-mena. Hal itu menyangkut persiapan kelembagaan, sistem kenegaraan dan moralitas bangsa dalam menghadapi tantangan-tantangan baru yang dibawa oleh sifat keterbukaan pluralisme. Bilamana model demokrasi yang menekankan pluralitas hendak diterapkan, sepatutnya kita mencermatinya secara lebih kritis lagi. Salah praktek, akibatnya akan mengakibatkan anarkisme kekuasaan dan kemudian dibarengi oleh anarkisme sosial yang cenderung distruktif. Maka dari itu, di tengah bangkitnya kesadaran lokal yang kian hari kian meningkat, sudah sepatutnya beragam piranti negara jauh lebih serius, manakala kita menghendaki geo-politik Indonesia hendak dipertahankan. Dengan lain perkataan, apakah kita akan tetap mempertahankan konsepsi politik negara dalam bentuk wacana integratif atau kita mengubahnya menjadi bentuk negara yang lebih pluralisti-seperti kita memikirkan kembali bentuk negara feredartif. Tanpa kesiapan untuk melakukan perubahan paradigma negara secara lebih mendasar, saya mengkhawatirkan cara-cara penanggulangan masalah seperti yang diberlakukan terhadap Aceh, akan sangat tidak bermanfaat dalam perspektif Indonesia ke depan. Sejarah telah membuktikan, tidak ada satu pun kasus yang dapat membuktikan bahwa dengan cara-cara pendekatan represif mampu menyelesaikan secara tuntas akar permasalahan sparatisme. Alasannya sepele saja, perlawanan-perlawana itu akan menjadi obor baru bagi perlawanan berikutnya, bilamana negara melakukan kekerasan politik terhadap sebuah entitas politik. Kita dapat merujuk pada kasus di Kashmir, Liberia, Chec bahkan kasus negara tetangga seperti yang terjadi di Philipinan Selatan, kesemuanya gagal diselesaikan melalui jalan kekerasan politik. Pada tataran semacam itu, penulis mengkhawatirkan, apabila kita di masa mendatang justru memaskui wilayah perubahan yang "tidak kita kenali". Lebih parah lagi apabila para politisi justru menempatkan diri seperti pernah dinyatakan oleh mantan Direktur Program Kajian Asia Tenggara, Ohio University, serta Associate Professor, Department of Philosophy, Ohio University, Athens, Ohio, Elizabeth Fuller Collins sebagai berikut :

"(suatu) proses transisi politik yang bergolak pasti hampir selalu melibatkan upaya-upaya dari elit-elit yang bertikai untuk memobilisasi bagian-bagian tertentu dari masyarakat, termasuk diantaranya para pekerja, yang saat ini dikecualikan secara resmi dari kehidupan politik. Dibawah situasi seperti itu, tampaknya akan sangat mungkin...bagi partai-partai politik dan organisasi-organisasi lain, yang mewakili bagian-bagian tertentu dari elit politik, untuk mencoba memperkokoh posisi mereka di dalam konfigurasi politik pasca-Suharto."

Karenanya, kerumitan akaibat luasnya ruang lingkup konflik di tanah air, merupakan potensi gangguan kekerasan. Bentuk keragama denga konsekuensi menguatnya politik kekerasan, muncul karena adanya berbagai macam alasan, seperti kegagalan lembaga-lembaga politik dan hukum untuk menyediakan perangkat/aturan bagi penyelesaian konflik maupun mengatasi keluhan-keluhan, konsolidasi (penguatan) identitas-identitas komunal dimana kelompok-kelompok bersaing mendapatkan akses untuk atau kendali atas sumber-sumber ekonomi, dan penggunaan kekerasan yang dijatuhkan oleh negara (state-sanctioned violence) untuk menghasut atau menekan konflik. Dalam kontek ini, klaim bahwa Indonesia adalah suatu budaya yang penuh kekerasan (a violent culture) hanyalah sebuah klaim politik yang dapat dimanfaatkan untuk membenarkan kembalinya penguasa yang otoriter dan kekerasan negara berikutnya. Berdasarkan realitas politik seperti itu, paham multikulturalisme diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap proses demokratisasi. Upaya terus menerus mengetangahkan persamaan hak politik di tingkat sosial yang lebih luas, akan menghubungkan multikulturalisme dengan demokrasi. Terlebih jika kita melihat sisi keragaman budaya itu, sebagai modal sosial, maka yang kita lihat bahwa hetrogenitas itu menawarkan jalur-jalur baru yang kelak kemudian hari akan memberi jalan alternatif pembaharuan politik di Indonesia. Karena multikulturalsisme itu adalah sebuah ideologi dan sebuah alat atau wahana untuk meningkatkan derajat manusia dan kemanusiannya, maka konsep kebudayaan harus dilihat dalam perspektif fungsinya bagi kehidupan manusia. Dasar untuk menempatkan hakekat kemanusiaan, menjadi memiliki relevansi, terlebih melihat kondisi politik Indonesia, yang kian hari kian menunjukan tindak anarkisme. Politik Indonesia membutuhkan pintu baru, sebuah cara untuk mengenali kembali akar sosialnya sendiri. Meskipun begitu, di bawah interpretasi-interpretasi yang penuh bias itu adalah demokrasi dan semangat pembaharuan yang pluralistik merupakan pilihan yang sangatlah sulit bagi kehidupan di tanah air.Langkah untuk mengetahui, meskipun sulit untuk mengatakan, mengapa dan bagaimana demokrasi menjadi jalan yang terjal untuk sebuah prasyarat perubahan, kita dapat kembali memaknai seluruh peristiwa perubahan sebagai bagian yang tidak terpisahkan untuk terus menjadikan masa lalu yang buruk untuk membangun kembali, sekian catatan kegagalan bangsa ini mencari bentuknya yang paling ideal. Bahwa kesadaran, catatan dan harapan yang kini tak ubahnya sulit kita pahami, tetapi setidaknya kesadaran akan perubahan bisa memberikan cukup informasi untuk mengetahui bahwa kekerasan, bahkan kebrutalan politik, bukanlah satu-satunya modal kultural yang kita miliki. Masih terdapat banyak cara, untuk menyusun kembali "puzzle" keragaman Nusantara dalam kerangka Indonesia moderen yang jauh lebih manusiawi. Bangsa Indonesia yang selama ini dikenal sebagai bangsa yang ramah-tamah, sopan, halus dan lembut mungkin akan sekedar menjadi kenangan masa lalu. Kebuntuan aspirasi yang selama ini terjadi akibat sumbatan rejim Orde Baru seolah-olah diledakkan sekaligus. Kenang-kenangan Indonesia yang damai, akan menajdi bagian yang terpisahkan dari harapan sebagian besar bangsa kita. Namun, semuanya akan benar-benar menjadi kenangan kolektif, bilama kita tidak menyadari perubahan itu adalah keniscayaan sejarah dari rentetan pulau dan kehidupan Nusantara. Maka, dari mana kita memulai semua ini ? Mungkin benar, ujar Hobes: pahamilah masalah

Penyebab Global Warming dan Definisinya

Belakangan ini,isu global warming menjadi sebuah isu global yang paling sering dibahas.Bisa
dikatakan,isu global warming menjadi isu lingkungan hidup yang paling banyak dibahas dan menjadi trending topik di berbagai media dan kesempatan.

Tapi tahukah kita apa itu sebenarnya global warming?
Secara umum,penyebab pemanasan global dapat digolongkan kedalam dua jenis,faktor alam dan faktor penghuninya.

Faktor Alam

Planet bumi kita ini sudah berusia 4,6 miliar tahun.Seperti kata pepatah orang Indonesia,”rumah” kita ini juga sudah banyak merasakan asam garam “kehidupan”.Sudah banyak kejadian dahsyat yang terjadi di sini.Sudah banyak pula spesies yang lahir dan punah di planet ini.

Dari semua “memori” bumi kita ini,ada satu hal yang menarik menyangkut pemanasan global:suhu di bumi bisa naik dan bisa turun secara berkala dalam waktu yang sangat lama.

Contoh sederhana saja:zaman es.Menurut sejarah,zaman es ini terjadi diakhir masa Mesozoikum,pada zaman Kuarter(68 - 140 juta tahun lalu).Salah satu dampak dari zaman es ini,selain dampak lingkungan,adalah menyatunya sebagian daratan Nusantara dengan Asia.Hal ini dapat dilihat dari persamaan spesies flora dan fauna yang ada antara Indonesia bagian Barat dengan daratan Asia.

Karena kenaikan suhu bumi,maka zaman es tersebut pun berakhirlah sudah.Tetapi hal ini sudah cukup menunjukkan kepada kita bahwa bumi ini pernah mengalami perubahan suhu secara global.Pada saat ini juga,bumi kembali mengalami hal yang sama.Hanya saja,kalau dahulu perubahannya adalah dari yang dingin menjadi lebih hangat alias sejuk,kalau sekarang dari yang hangat menjadi semakin panas.

Perubahan yang terjadi itu adalah sesuatu yang terjadi secara alamiah,sesuai kaidah-kaidah hukum alam.Tak ada yang bisa disalahkan.Solusinya:berserah kepada Tuhan,sang empunya alam.

Faktor Penghuninya

Saat ini,penduduk bumi (manusianya saja) sudah berjumlah 7 miliar orang.Belum lagi makhluk hidup lainnya yang juga tak kalah banyaknya.Dan semuanya itu saling terlibat dalam mempercepat atau meningkatkan efek global warming.Secara umum,penyebab-penyebab terjadinya pemanasan global yang diakibatkan oleh penghuninya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatnya emisi Gas Karbon.

Bumi ini pada dasarnya memang memproduksi gas karbon secara alami,tetapi masih dalam kadar yang rendah dan masih dapat diatasi oleh bumi itu sendiri.Tetapi saat ini,tingkat produksi gas tersebut sudah sangat berlebihan.Penyebabnya?Jangan hanya menyalahkan pabrik dan industri yang menghasilkan polusi yang besar itu,tetapi semua populasi manusia juga bersalah!!Pabrik-pabrik dan industri itu hanya memenuhi tuntutan pasar atau masyarakat yang semakin meningkat dan semakin “menggila” sifat konsumtifnya.

Energi matahari yang memasuki atmosfer bumi ini sebenarnya tidak semuanya dapat diserap dan dimanfaatkan oleh bumi.Sisa energi yang tidak diserap tersebut seharusnya dipantulkan lahi ke luar dari atmosfer bumi.Tetapi dikarenakan banyaknya gas polutan(gas karbon) di dalam atmosfer,maka energi tersebut menjadi tertahan.Karena gas karbon tersebut memiliki sifat alami untuk menahan energi(panas) yang melewatinya.

Fenomena ini disebut dengan efek rumah kaca

2. Bocornya lapisan ozon

Sebelum energi matahari mencapai bumi,energi tersebut akan difilter terlebih dahulu oleh lapisan ozon yang ada di atmosfer.Tetapi hasil penelitian menunjukkan telah terjadinya penipisan lapisan ozon.Sudah bisa ditebak apa akibat yang terjadi jika lapisan ozon ini rusak,atau bahkan bolong.

Salah satu penyebab penipisan ozon ini adalah meningkatnya pemakaian Chloro Flouro Carbon (CFC).CFC dipakai dalam kehidupan sehari-hari pada lemari es,air conditioner,bahan pendorong pada penyembur,pembuat buih,dan sebagai bahan pelarut.

3. Berkurangnya konverter Gas Karbon

Sebelum era modern,dimana industri belum berkembang,kehidupan di planet ini sudah memproduksi gas karbon.Tetapi jumlahnya tidak sedahsyat sekarang.Apalagi masih banyak konverter gas karbon yang tersedia yang masih mampu mengkonversi semua gas karbon tersebut menjadi gas yang ramah lingkungan,bahkan dibutuhkan oleh kehidupan,seperti oksigen.

Salah satu konverter tersebut adalah hutan.Hutan merupakan rumah bagi pohon dan tuuhan ain yang dianugerahi kemampuan untuk mengkonsumsi gas karbon tersebut dan menghasilkan gas oksigen.Tetapi akibat meningkatnya populasi,yang diiringi dengan meningkatnya kebutuhan akan lahan pemukiman,lahan indusri,lahan pertanian,lahan untuk fasilitas umum seperti jalan dan gedung,menyebabkan jumlah hutan berkurang drastis.Belum lagi permintaan pasar akan kayu yang semakin melambung tinggi.

Di Indonesia saja,kerusakan hutan terjadi sebesar 1,8 juta hektar pertahun.Dan dengan itu mengangkat Indoneia masuk Guinness Book of World Records sebagai negara dengan kerusakan hutan terbesar di dunia.WAW!!!

Itulah penjelasan singkat saya tentang pemanasan global ini.Semua hal tersebut baru secuil dari permasalahan global warming secara keseluruhan.Tetapi yang paling penting bukanlah apa yang kita ketahui,melainkan bagaimana kita menyikapinya.Semoga bermanfaat.

Cara Membeli Nama Domain Website

Sudah lama kayaknya imammurtaqi.com gak update blog belajar seo dan tutorial seo ini. Maklum lagi gak punya dana wat online.hehe :D. Pada kesempatan yang indah ini imam coba memberikan referensi bagi sobat yang ingin membeli nama domain berbayar murah dan bukan gratis, yaitu seperti domain pribadi saya yaitu www.imammurtaqi.com atau TLD (top level Domain) .com, .net, .org, .info dkk. Cara membeli domain berbayar bisa juga beserta hostingnya langsung. Tapi lebih baiknya kita membeli berbeda tempat aja biar sobat bisa memilih dan memperoleh layanan domain/hosting yang paling bagus.

Tips untuk membeli / sewa nama domain saja tanpa sewa hosting untuk menyimpan data tulisan anda menurut imam bisa menggunakan jasa dari name.com atau namecheap.com yang cara pembayarannya bisa menggunakan paypal yang belum terverifikasi / unverifikated. Kalau sobat belum memiliki paypal silahkan daftar paypal dulu. Namun untuk pengisian dana paypal bisa membeli di web/blog penyedia pengisian paypal. Jika sobat menginginkan nama domain yang lebih murah dan banyak diskonnya bisa membeli di godaddy.com. Namun anda terlebih dahulu harus memiliki kartu credit dulu.


Cara Membeli Nama Domain dan Hosting

Proses pembelian nama domain pribadi (com, .net, .org, .info, .asia, .tv dll) di penyedia di atas cukup mudah. Anda terlebih dahulu mendaftar di akunnya dengan memasukkan nama, email anda. Maka proses pendaftaran selesai dan bisa langsung memilih nama domain keinginan sobat. Untuk yang hanya memiliki rekening bank lokal dan belum memiliki paypal atau credit card bisa menyewa nama domain dilayanan website Indonesia aja. Proses pembayarannya menggunakan transfer antar bank Indonesia.

Layanan sewa domain indonesia termurah dan terbaik menurut pengalaman saya hampir sama diantara penyedia layanan indonesia. Jika dibanding layanan luar negeri tentunya harga bisa jauh berbeda. Sedangkan untuk pembelian nama domain khsusus indonesia (.web.id, .net.id, .ac.id, .co.id, .id, dll) biasanya proses pendaftaran memerlukan data pribadi pembeli, seperti scan KTP, surat keterangan usaha, surat organisasi dsb. Yang palin mudah prosesnya ialah domain dot web.id hanya memerlukan scan KTP,

Sedangkan untuk sewa hosting dulu saya sempat menyewa di hostgator yang memang terkenal layanan hosting paling bagus dan memuaskan. Tapi harga sewa perbulan bisa dibilang lumayan mahal jika untuk blog pribadi. Saran toko blog sobat bisa sewa hosting dari layanan Indonesia jika hanya buat belajar ngeblog yang rata-rata murah. (1000/bulan - 60.000/bulan). Terserah sobat aja mau milih kuota berapa atau mau yang gratis bisa menggunakan hosting blogger.com

Untuk detail proses pembelian nama domain dan hosting murah bisa sobat cari informasi lain yang lebih lengkap dan khusus membahas domain dan hosting untuk website dan blog berbayar.

Contoh Soal Soal UN untuk sd,smp,smu,dan,smk

Download dan pelajari soal soalnya

Berhubungsebentar lagi anak sekolah SD, SMP, SMA/SMK sederajad akan menghadapi Ujian Akhir Nasional 2011 makadari itu saya akan berikan sedikit bekal untuk anda yang akan menghadapi Ujian Akhir Nasional ( UAN ).
Bocoran soal UAN, kunci jawaban UAN, dan lain - lain itu yang banyak sekali diinginkan oleh sebagian banyak Pelajar SMP dan SMA/SMK.
Janganlah kita tergantung pada bocoran soal Ujian Akhir Nasional atau kunci jawaban Ujian Akhir Nasional. Tetapi anda harus benar - benar paham atas pelajaran yang anda pelajari selama tiga tahun di sekolah.
Untuk itu mari kita coba belajar mengerjakan soal - soal latihan UAN 2011-2012.
Download Soal Latihan Menghadapi UAN 2011-2012 untuk SD, MI, SMP, SLTP, SMA, SMU, SMK, SMEA baik UAS / Ujian Sekolah, Ujian Negara untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, IPA, Fisika, Biologi, Ekonomi, Akuntansi, Sekretaris, Teknik, Bahasa Daerah, PPKN, Sosiologi bisa di Download Gratis.
Bagi yang berminat silahkan download pada link yang sudah saya sediakan di bawah ini :
1. Soal UN SD
Download Soal UASBN SD Bahasa Indonesia http://www.fileserve.com/file/y2tu873
Download Soal UASBN SD Matematika http://www.fileserve.com/file/6NfCUcX
Download Soal UASBN SD IPA http://www.fileserve.com/file/cTgnv6B
2. Soal UN SMP
Download Soal UN SMP Bahasa Indonesia http://www.fileserve.com/file/337CtnK
Download Soal UN SMP Matematika http://www.fileserve.com/file/Rueuzn7
Download Soal UN SMP Bahasa Inggris http://www.fileserve.com/file/UGbXQ8m
Download Soal UN SMP IPA http://www.fileserve.com/file/pNdFJHF
3. Soal UN SMA
Download Soal UN SMA Bahasa Indonesia http://www.fileserve.com/file/emRFrA5
Download Soal UN SMA Matematika http://www.fileserve.com/file/MyHzXXZ
Download Soal UN SMA Bahasa Inggris http://www.fileserve.com/file/6tXKzbn
Download Soal UN SMA Fisika http://www.fileserve.com/file/jFFtcHp
Download Soal UN SMA Kimia http://www.fileserve.com/file/EdNmXbn
Download Soal UN SMA Biologi http://www.fileserve.com/file/8QtMaje
Download Soal UN SMA Geografi http://www.fileserve.com/file/6TYGs2K
Download Soal UN SMA Ekonomi http://www.fileserve.com/file/r48pThm
Download Soal UN SMA Sosiologi http://www.fileserve.com/file/dFuchph
Download Soal UN SMA Antropologi http://www.fileserve.com/file/pwsyjkG
Download Soal UN SMA Tata Negara http://www.fileserve.com/file/eBywBSv

4. Soal UN SMK
Download Soal UN SMA Bahasa Indonesiahttp://www.fileserve.com/file/emRFrA5
Download Soal UN SMA Matematika http://www.fileserve.com/file/MyHzXXZ
Download Soal UN SMA Bahasa Inggris http://www.fileserve.com/file/6tXKzbn


NB : Agar mudah untuk mendownload file di atas saya sarankan menggunakan leecher yang support Fileserve.

Cara Menulis Cerpen Yang Baik dan Benar

Menulis Cerpen

Menulis cerpen (cerita pendek) dapat menjadi permulaan karir yang baik sebagai penulis fiksi. Menulis cerita yang sangat panjang, seperti novel pastilah lebih membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak. Belum lagi mencari penerbit yang mau menerbitkannya. Cerita pendek dapat menjadi terobosan dalam karir menulis. Lebih banyak Alternatif bagi penulis cerita pendek untuk dikenal, daripada novel. Majalah dan koran banyak yang menerima cerita pendek. Blog bisa juga menjadi alternatif dimuatnya cerita pendek di internet. Seringnya nama penulis muncul dalam cerita pendek yang dimuat di berbagai majalah dan koran, bisa menjadi pertimbangan positif bagi penerbit, bila penulis tersebut menyodorkan naskah cerita yang lebih panjang seperti novel ke penerbit.

Tulisan ini ditujukan pada penulis pemula yang ingin menulis cerita pendek dengan baik. Sesuai namanya, menulis cerita pendek memiliki keunikan tersendiri.

>Tema
Sebaiknya Anda memiliki tema yang jelas saat menulis cerpen, tentang cerita seperti apa yang ingin Anda tulis. Pesan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca. Dengan adanya tema, yang menjadi tulang punggung cerita, maka cerpen Anda akan meninggalkan kesan tersendiri pada pembaca. Penetapan tema dari awal juga berguna agar saat menulis, Anda tidak terlalu jauh melenceng dari cerita sudah ditetapkan.

>Alur cerita
Fokuslah pada satu Alur cerita sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan sebelumnya. Karakter tambahan, sejarah, latar belakang, dan detail lainnya sebaiknya memperkuat alur cerita ini. Percabangan alur cerita mutlak harus dihindari.

>Karakter
Jangan menggunakan jumlah karakter yang terlalu banyak. Semakin banyak karakter bisa membuat cerita Anda menjadi terlalu panjang dan tidak Fokus pada tema. Gunakan karakter secukupnya yang sesuai dengan alur cerita.

>Sepenggal kisah hidup
Namanya saja cerita pendek, sehingga cerpen hanya menceritakan tentang sekelumit kisah dalam hidup karakter yang Anda buat. Jika karakter Anda memiliki kisah hidup yang sangat panjang, tulis hanya sebagai background yang menjadi penguat tema cerita tersebut. Tekankan hanya pada satu bagian dari hidupnya untuk ditulis.

>Penggunaan kata
Bagaimanapun cerpen memiliki keterbatasan dalam jumlah kata yang bisa dipakai, apalagi cerita super pendek seperti flash fiction. Seringkali majalah atau koran tertentu benar-benar membatasi jumlah kata yang bisa dipakai. Jadi, Anda sebaiknya menggunakan pilihan kata yang efisien dan menghindari menggunakan kalimat deskriptif yang berpanjang-panjang.

>Impresi
Secara tradisional, cerpen dimulai dengan pengenalan karakter, konflik, dan resolusi. Alternatif lain, adalah Anda dapat membuat impresi pada pembaca justru pada awal cerita, dengan langsung menghadirkan konflik. Karakter Anda sudah berada di dalam kekacauan besar. Hal ini akan membuat pembaca semakin penasaran, ada apa yang terjadi sebenarnya, bagaimana karakter tersebut akan mengatasi persoalannya. Pengenalan karakter, setting, dll dapat dilakukan secara perlahan-lahan di bagian cerita berikutnya.

>Kejutan
Beri kejutan pada pembaca di akhir cerita. Hindari membuat akhir cerita yang mudah ditebak.

>Konklusi
Jangan biarkan pembaca meraba-raba dalam gelap pada akhir cerita Anda. Pastikan konklusi di akhir cerita Anda memuaskan, tetapi juga tidak mudah ditebak. Pembaca perlu dibuat berkesan pada akhir cerita, tentang apa yang terjadi pada karakter tersebut. Akhir cerita yang mengesankan akan selalu diingat oleh pembaca, bahkan setelah lama mereka selesai membaca cerita tersebut.

>saran dari saya
Terus berlatihlah menulis agar tulisan menjadi luwes dan enak untuk di baca.

semoga bermanfaat......

Cara Menulis Puisi Yang Baik dan Benar

CARA MENULIS PUISI



Sebenarnya menulis puisi termasuk jenis keterampilan.saya sendiri tidak menulis puisi yang baik dan benar, walaupun saya mengerti caranya.. hehehe
Seperti halnya keterampilan yang lain pemerolehannya harus melalui belajar dan berlatih. Makin sering belajar dan makin giat berlatih tentu makin cepat terampil.

Dalam menulis puisi, yang pertama - tama dilakukan adalah menentukan tema. Tema adalah pokok persoalan yang akan dikemukakan dalam bentuk puisi. Agar lebih jelas perhatikan puisi yang ditulis Slamet Wahedi berikut ini


Dialog sepasang bunga


Aku anggrek

Lahir di tengah pengap hamparan biru langit

Dari sekerling matahari

Awan menyapu muka, meninggalkan gerimis - gerimis tua

Dan embun terasa bayangan maya

Sirna sebelum senja kukencani


Aku melati dan kau anggrek

Di tepian cakrawala pucuk kita meninju langit

Mengebuk - gebuk nafas angin dan

Bermimpi membangun riak sungai tua

Di antara tangkai - tang kai hijau


Kami anggrek dan melati bersemi

Membukakkan hari - hari yang kian suram

Yang kami harkati dengan bulan kami sendiri


Kami sepasang bunga tercampakkan

Seperti waktu luruh menyapa jiwa




Puisi di atas berjudul “Dialog Sepasang Bunga”. Judul yang cukup menggelitik. Bunga apa yang sedang berdialog dan apa yang didialogkan, begitu kita mungkin akan bertanya sebelum membaca puisi tersebut. Ternyata, bunga anggrek dan bunga melati. Peristiwa yang menimpa mereka (dua bunga itu) adalah kesuraman hidup, tercampakkan seperti waktu luruh menyapa jiwa. Menyatakan kesuraman hidup dengan menghadirkan sosok bunga memang menarik. Akan tetapi, benarkah Wahedi semata - mata sedang berbicara tentang bunga? Bisa ya bisa tidak. Yang jelas menimpa bunga atau bukan, pokok persoalan yang digarap dalam puisi itu adalah kemanusiaan : kelahiran yang pengap,kemayaan hidup,upaya melawan alam,mimpi tenyang sesuatu, tetapi enghadapi hari - hari suram. Demikianlah puisi meskipun menggunakan personifikasi dan simbol, pada dasarnya berbicara tentang manusia. Jadi tema puisi di atas adalah kemanusiaan.


Jika sudah menemukan dan menentukan tema yang akan ditulis menjadi puisi, kita perlu mengembangkan tema itu : hal - hal apa yang akan dikemukakan dalan puisi. Hal - hal yang sudah akan dikemukakan dalam puisi itu dapat dicari melalui pemikiran atau pengamatan. Secara mudah, misalnya kita akan menulis puisi yang berhubungan dengan kehidupan seorang anak kecil penjual koran yang harus membiayai sekolahnya sendiri. Setelah mennetukan masalah tersebut kita akan melakukan pengamatan di lapangan tentang kehidupan si penjual koran. Dari hasil pengamatan itu kemudian dipilih dan ditentukan mana yang akan diungkapkan dalam puisi.

Dalam mengungkapkan kata - kata ke dalam puisi diperlukan pemilihan kata - kata yang tepat, bukan hanya tepat maknanya melainkan juga harus tepat bunyi -bunyinya. Penyusunan kata - kata itu harus sedemikian rupa sehingga menimbulkan kesan estetis (indah). Selain itu, pendayagunaan majas harus diperhatikan agar puisi yang dibuat semakin baik.



CONTOH PUISI


Asa yang bersemayam


Tak ada keluh

Tak ada kesah

Dalam pengembaraan ini

Walau lara acap mendera hati

Walau jalan setapak ini kian mendaki


Yang ada Cuma kekeringan dan kesenyapan

Dari asa yang selalu melecut jiwa

Asa yang bersemayam di setiap kalbu

Pengelana semesta . . . . .


Kita akan melangkah

Kita akan terus melangkah

Kita harus terus melangkah



Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Benar, Menurut Google dan Pengunjung

Dalam dunia internet, kalau kita ingin menulis artikel bisa dibilang sangat sulit. Mengapa sangat sulit? Karena untuk bisa menghasilkan artikel yang bermutu kita dituntut bisa menggabungkan antara artikel yang disukai manusia dan yang disukai oleh robot Google.

Cara menulis artikel yang disukai manusia sudah barang tentu harus enak dibaca. Sedangkan artikel yang disukai mesin penjelajah Google haruslah yang mengandung banyak kata kunci yang dibidik. Semisal anda membidik kata kunci sedekah, maka dalam artikel anda harus banyak memuat kata sedekah. Contoh artikel yang membidik kata sedekah bisa dilihat di blog saya: Artikel Sedekah

Cara menulis artikel yang disukai Google sebenarnya sangat mudah, asal tahu caranya. Kata kunci yang anda bidik harus disebar merata dalam artikel. Lebih spesifik lagi harus disebar merata dalam tiap alenia. Usahakan dalam setiap alenia, minimal bagian awal dan akhir harus mengandung kata yang dibidik untuk menghasilkan artikel yang disukai Google.

Contoh yang bisa anda lihat ada pada artikel saya, yang berjudul cara menulis artikel yang disukai Google ini. Coba anda perhatikan, setiap awal dan akhir dari setiap alenia pasti mengandung rangkaian kata “cara menulis artikel yang disukai Google”. Rangkaian kata itulah yang saya bidik, dan rangkaian kata itu pula yang saya jadikan judul.

Cara menulis artikel yang disukai Google akan berpengaruh pada posisi artikel di mesin pencari. Untuk contoh artikel saya yang membidik kata sedekah, saya benar-benar menerapkan tehnik ini. Kata sedekah saya sebar merata di setiap alenia, sesuai dengan cara menulis artikel yang disukai Google. Akibatnya dengan kata kunci “sedekah” artikel saya itu berada di posisi 10 besar Google. Sebenarnya akan lebih mantap lagi jika nama domain kita juga mendukung.

Demikian saya berikan tehnik atau cara menulis artikel yang disukai Google. Tidak ada yang sulit asal kita mau terus belajar dan berusaha.


Berikut ada 5 cara yang harus digunakan setiap menulis artikel,,


Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam menulis artikel yang baik dan benar. Dalam menulis artikel atau kontent di suatu web sangat penting sekali. karena kontent adalah "raja" dan merupakan "nyawa" dari web itu sendiri. Jadi dalam menulis artikel Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:
1. No Plagiat
Usahakan Anda tidak menyalin artikel dari web lain (copy-paste) dari situs lain, akan berakibat mengurangi kredibilitas web Anda dimata pengunjung. Tulislah artikel yang original jauh lebih dihargai oleh pengunjung.

2. Selalu konsisten
Dalam menulis artikel usahakan sesuai dengan topik yang Anda tuju dan selalu konsisten. Apabila web Anda membahas tentang komputer ya diusahakan artikelnya berisi tentang artikel jangan yang lain misalnya tentang cara membuat bakso, cara memasak mie yang baik. Itu kan tidak ada hubungannya dengan komputer betul nggak... :). Dengan menulis artikel secara konsisten akan menambah kecepatan dalam pemunculan keyword yang Anda pilih.

3. Buat judul/ headlines artikel yang menarik
Judul yang menarik akan membuat pengunjung selalu datang ke web Anda dan akan memudahkan mereka mengingat web Anda.

4. Pemilihan keyword yang tepat
keyword yang tepat sangat besar pengaruhnya dalam meningkatkan jumlah pengunjung ke web Anda. Gunakan efek tebal, miring atau garis bawah pada keyword, jangan gunakan semua, cukup satu saja, berguna untuk membantu mesin pencari dalam mengindek konten Anda. Untuk cara mencari keyword bisa dilihat di pentingnya niche keyword.

5. Saling terhubung
Usahakan ketika menulis suatu artikel harus saling berhubungan antara artikel yang satu dengan artikel yang lain, sehingga pengunjung akan betah berlama-lama di web Anda. Bentuklah artikel web menjadi angka 8 yang terus terhubung antar artikel.


ingat "practise make u perfect"

Cara Memperbaiki Facebook Yang Rusak ( Tidak Bisa Dibuka )

Hay kawan saya ketik artikel ini tidak hanya untuk kawan yang FB-Nya rusak ato gak bisa kebuka dalam bahasa gaulnya gag bisa LogIn dalam bahasa komputer adalah KeNA Hack ato apalah itu,,,, artikel yang saya tulis ini juga bisa buat pengalaman atau pengetahuan ...

yang paling penting disini Alamat E-Mail anda masih berfungsi dengan baik FB yang rusak bisa kita dapatkan kembali tapi dengan syarat E-mail nya masih berfungsi (Active).

Langsung ajah GPL,,,,

FB gag bisa kebuka (Login) caranya mah gampang, tinggal utak-utik beres dan juga sedikit teliti OK!!!

Langkah awal hidupkan komputer kemudian cari alamat FB klo password lupa/gak bisa kebuka/Gak bisa Login => Gini caranya !!!

Tulis Alamat E-mail di tempat Login lalu pencet Tulisan "LUPA PASSWORD" tapi ingat

gag usah masukin password dulu, nanti muncul Jendela kayak gini,,,


langsung masukin E-mail kamu contoh 1 jika sudah klik contoh 2 lalu dari situ akan muncul jendela lagi,,,





caranya sama ketik dulu code contoh 1 ke kotak yang bergaris merah jika sudah klik contoh 2 (kirim) setelah itu akan muncul lagi jendela seperti ini,,,,




klik lagi tuh yang ada tanda panah merah (Atur Ulang Kata Sandi) nanti akan terkirim ke E-mailmu, setelah itu buka deh E-mail kamu, buka Inbox lalu cari pesan Konfirmasi kata sandi facebook dan klik, di dalamnya akan muncul link seperti ini,,,,



klik tulisan yang ada linkaran merah itu (http://loginfacebook,,,,,,,) terbukalah kembali dan dapat di gunakan untuk berexpresi di dunia maya lagi deh,,,,,,,
artikel ini gag asal tulis-menulis doank, karena FB saya dulu pernah kena blokir dan Tips ini saya dapet dari teman saya,,,,ya klo boleh jujur temen ku kuliyah di jurusan TI tentu jelas tahu tentang ini, tapi dengan pengalaman seperti inilah saya lebih paham tentang dunia maya ketimbang dulu yang sangat GAPTEK banget,,,,,,

hanya sedemikian tulisan yang bisa saya tulis, Semoga bermanfaat bagi kita semua, OK!!!