Recent Posts

Add Logo ADIRA SEO Festive 2011

Pengertian dan Macam-Macam Mimpi


Disini saya akan menjelaskan sedikit pengertian tentang mimpi.
A.PENGERTIAN MIMPI
Ada orang yg menyebutkan bahwa mimpi ialah sesuatu yg dialami ketika tidur(bawah sadar), yg ditimbulkan oleh ingatan atau kesibukan diwaktu siang hari sebelum tidur.

Definisi (pengertian) mimpi yg disebutkan dalam Al-Qur'an ialah: Roh ayan (jiwa) melayang-layang keangkasa,melepaskan diri dari badannya,tetapi dapat kembali lagi,sedangkan jiwa yg lepas dari tubuhnya,kemudian tidak kembali lagi,itulah yg disebut pati (mati).

Memang tidak mudah orang meletakkan difinisi tentang mimpi,karena hal itu sangat erat dengan jiwa,dimana jiwa pengertiannya yg tahu persis adalah Allah swt,manusia hanya dapat menduga-duga saja.

B.MACAM-MACAM MIMPI DAN TINGKATANNYA.
Mimpi terbagi menjadi 2 yaitu:
1.Impian yang mempunyai alamat.
2.Impian yg tidak mempunyai alamat.
~Impian yg tidak mempunyai alamat yaitu:
a.Impian raja atau pejabat yg dhalim.
b.Impian dalam berhadats(kotor)
c.Impian yg ditimbulkan oleh angan-angan sebelum tidur (aktifitas sepanjang hari).
Adapun impian yg beralamat terbagi 4,melihat neptu hari dan pasaran.Contoh umpamanya:
Bermimpi malam Ahad (Minggu) kliwon, Ahad neptunya 5, kliwon 8 lantas dijumlah 5+8=13,kemudian menghitung pedoman dibawah ini:
1.Santri artinya: impian benar tidak dusta.
2.Mengimpi artinya: impian betul.
3.Goroh artinya: impian kurang benar.
4.Ura-ura artinya: impian palsu.

Cara menghitung,jika sudah sampai 4 kembali lagi dari satu,demikian seterusnya hingga habis 13,yg berarti mimpi pada malam Ahad kliwon,jatuh pada no.1 Santri,alamatnya baik sekali.
Atau dengan cara lain sbb:
1.Taru artinya: impian dusta
2.Mengimpi artinya: senang mimpi
3.Goroh artinya: impian dusta
4.Gati artinya: impian benar.
Cara menghitung dibalik dari bawah keatas, (dimulai 4 ke 1), jika sudah 1 kembali lagi ke 4, begitulah seterusnya sampai habis bilangannya.

C.TINGKATAN MIMPI
1. Mimpi yg dialami para Nabi dan Rasul disebut juga Wahyu Allah.Seperti Nabi Ibrahim mimpi menyembelih anaknya,demekian itu diulang sampai 3x, sehingga akhirnya mimpi dilaksanakan oleh Nabi Ibrahim as.
Atau seperti Nabi Yusuf ketika masih kecil mimpi 11 bintang dan matahari serta bulan, semuanya menghormati kepada Nabi Yusuf,yg akhirnya setelah menginjak dewasa ia menjadi seorang Nabi dan Rasul serta menjadi mentri dipemerintahan waktu itu.
2. Mimpi yg dialami para Waliyullah dan para 'alim Ulama,lazimnya orang menyebutnya ilham.
3. Mimpi yg dialami oleh orang mukmin dan orang biasa disebut mubasy-syirah,seperti yg dikatakan oleh Rasulullah Muhammad saw: La tabqa minannubuwwati illal mubasy-syirah.Artinya: Tiada yg tertinggal dari kenabian,kecuali mubasy-syirah atau impian baik orang mukmin.

Sahabat-sahabatku semua yg tercinta,demikianlah pengertian mengenai tentang mimpi.semoga bermanfaat bagi kita semua.

Pengertian, Pelestarian, dan Kerusakan Lingkungan

LINGKUNGAN

PENGERTIAN LINGKUNGAN

Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungannya. Baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Kita bernapas memerlukan udara dari lingkungan sekitar. Kita makan, minum, menjaga kesehatan, semuanya memerlukan lingkungan.

Pengertian lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung. Lingkungan bisa dibedakan menjadi lingkungan biotik dan abiotik. Jika kalian berada di sekolah, lingkungan biotiknya berupa teman-teman sekolah, bapak ibu guru serta karyawan, dan semua orang yang ada di sekolah, juga berbagai jenis tumbuhan yang ada di kebun sekolah serta hewan-hewan yang ada di sekitarnya. Adapun lingkungan abiotik berupa udara, meja kursi, papan tulis, gedung sekolah, dan berbagai macam benda mati yang ada di sekitar.

Seringkali lingkungan yang terdiri dari sesama manusia disebut juga sebagai lingkungan sosial. Lingkungan sosial inilah yang membentuk sistem pergaulan yang besar peranannya dalam membentuk kepribadian seseorang.


LINGKUNGAN HIDUP

Secara khusus, kita sering menggunakan istilah lingkungan hidup untuk menyebutkan segala sesuatu yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup segenap makhluk hidup di bumi.

Adapun berdasarkan UU No. 23 Tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Unsur-unsur lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

1. Unsur Hayati (Biotik)

Unsur hayati (biotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, dan jasad renik. Jika kalian berada di kebun sekolah, maka lingkungan hayatinya didominasi oleh tumbuhan. Tetapi jika berada di dalam kelas, maka lingkungan hayati yang dominan adalah teman-teman atau sesama manusia.

2. Unsur Sosial Budaya

Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat manusia yang merupakan sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial. Kehidupan masyarakat dapat mencapai keteraturan berkat adanya sistem nilai dan norma yang diakui dan ditaati oleh segenap anggota masyarakat.

3. Unsur Fisik (Abiotik)

Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari benda-benda tidak hidup, seperti tanah, air, udara, iklim, dan lain-lain. Keberadaan lingkungan fisik sangat besar peranannya bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi. Bayangkan, apa yang terjadi jika air tak ada lagi di muka bumi atau udara yang dipenuhi asap? Tentu saja kehidupan di muka bumi tidak akan berlangsung secara wajar. Akan terjadi bencana kekeringan, banyak hewan dan tumbuhan mati, perubahan musim yang tidak teratur, munculnya berbagai penyakit, dan lain-lain.


KERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP

Berdasarkan faktor penyebabnya, bentuk kerusakan lingkungan hidup dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

1. Bentuk Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Peristiwa Alam

Berbagai bentuk bencana alam yang akhir-akhir ini banyak melanda Indonesia telah menimbulkan dampak rusaknya lingkungan hidup. Dahsyatnya gelombang tsunami yang memporak-porandakan bumi Serambi Mekah dan Nias, serta gempa 5 skala Ritcher yang meratakan kawasan DIY dan sekitarnya, merupakan contoh fenomena alam yang dalam sekejap mampu merubah bentuk muka bumi.

Peristiwa alam lainnya yang berdampak pada kerusakan lingkungan hidup antara lain:

a. Letusan gunung berapi

Letusan gunung berapi terjadi karena aktivitas magma di perut bumi yang menimbulkan tekanan kuat keluar melalui puncak gunung berapi.

Bahaya yang ditimbulkan oleh letusan gunung berapi antara

lain berupa:

1) Hujan abu vulkanik, menyebabkan gangguan pernafasan.

2) Lava panas, merusak, dan mematikan apa pun yang dilalui.

3) Awan panas, dapat mematikan makhluk hidup yang dilalui.

4) Gas yang mengandung racun.

5) Material padat (batuan, kerikil, pasir), dapat menimpa perumahan, dan lain-lain.

b. Gempa bumi

Gempa bumi adalah getaran kulit bumi yang bisa disebabkan karena beberapa hal, di antaranya kegiatan magma (aktivitas gunung berapi), terjadinya tanah turun, maupun karena gerakan lempeng di dasar samudra. Manusia dapat mengukur berapa intensitas gempa, namun manusia sama sekali tidak dapat memprediksikan kapan terjadinya gempa.

Oleh karena itu, bahaya yang ditimbulkan oleh gempa lebih dahsyat dibandingkan dengan letusan gunung berapi. Pada saat gempa berlangsung terjadi beberapa peristiwa sebagai akibat langsung maupun tidak langsung, di antaranya:

1) Berbagai bangunan roboh.

2) Tanah di permukaan bumi merekah, jalan menjadi putus.

3) Tanah longsor akibat guncangan.

4) Terjadi banjir, akibat rusaknya tanggul.

5) Gempa yang terjadi di dasar laut dapat menyebabkan tsunami (gelombang pasang).

c. Angin topan

Angin topan terjadi akibat aliran udara dari kawasan yang bertekanan tinggi menuju ke kawasan bertekanan rendah.

Perbedaan tekanan udara ini terjadi karena perbedaan suhu udara yang mencolok. Serangan angin topan bagi negara-negara di kawasan Samudra Pasifik dan Atlantik merupakan hal yang biasa terjadi. Bagi wilayah-wilayah di kawasan California, Texas, sampai di kawasan Asia seperti Korea dan Taiwan, bahaya angin topan merupakan bencana musiman. Tetapi bagi Indonesia baru dirasakan di pertengahan tahun 2007. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan iklim di Indonesia yang tak lain disebabkan oleh adanya gejala pemanasan global.

Bahaya angin topan bisa diprediksi melalui foto satelit yang menggambarkan keadaan atmosfer bumi, termasuk gambar terbentuknya angin topan, arah, dan kecepatannya. Serangan angin topan (puting beliung) dapat menimbulkan kerusakan lingkungan hidup dalam bentuk:

1) Merobohkan bangunan.

2) Rusaknya areal pertanian dan perkebunan.

3) Membahayakan penerbangan.

4) Menimbulkan ombak besar yang dapat menenggelamkan kapal.

2. Kerusakan Lingkungan Hidup karena Faktor Manusia

Manusia sebagai penguasa lingkungan hidup di bumi berperan besar dalam menentukan kelestarian lingkungan hidup. Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang berakal budi mampu merubah wajah dunia dari pola kehidupan sederhana sampai ke bentuk kehidupan modern seperti sekarang ini. Namun sayang, seringkali apa yang dilakukan manusia tidak diimbangi dengan pemikiran akan masa depan kehidupan generasi berikutnya. Banyak kemajuan yang diraih oleh manusia membawa dampak buruk terhadap kelangsungan lingkungan hidup.

Beberapa bentuk kerusakan lingkungan hidup karena faktor manusia, antara lain:

a. Terjadinya pencemaran (pencemaran udara, air, tanah, dan suara) sebagai dampak adanya kawasan industri.

b. Terjadinya banjir, sebagai dampak buruknya drainase atau sistem pembuangan air dan kesalahan dalam menjaga daerah aliran sungai dan dampak pengrusakan hutan.

c. Terjadinya tanah longsor, sebagai dampak langsung dari rusaknya hutan.

Beberapa ulah manusia yang baik secara langsung maupun tidak langsung membawa dampak pada kerusakan lingkungan hidup antara lain:

a. Penebangan hutan secara liar (penggundulan hutan).

b. Perburuan liar.

c. Merusak hutan bakau.

d. Penimbunan rawa-rawa untuk pemukiman.

e. Pembuangan sampah di sembarang tempat.

f. Bangunan liar di daerah aliran sungai (DAS).

g. Pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan di luar batas.


UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

Melestarikan lingkungan hidup merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda lagi dan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau pemimpin negara saja, melainkan tanggung jawab setiap insan di bumi, dari balita sampai manula. Setiap orang harus melakukan usaha untuk menyelamatkan lingkungan hidup di sekitar kita sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Sekecil apa pun usaha yang kita lakukan sangat besar manfaatnya bagi terwujudnya bumi yang layak huni bagi generasi anak cucu kita kelak.

Upaya pemerintah untuk mewujudkan kehidupan adil dan makmur bagi rakyatnya tanpa harus menimbulkan kerusakan lingkungan ditindaklanjuti dengan menyusun program pembangunan berkelanjutan yang sering disebut sebagai pembangunan berwawasan lingkungan.

Pembangunan berwawasan lingkungan adalah usaha meningkatkan kualitas manusia secara bertahap dengan memerhatikan faktor lingkungan. Pembangunan berwawasan lingkungan dikenal dengan nama Pembangunan Berkelanjutan. Konsep pembangunan berkelanjutan merupakan kesepakatan hasil KTT Bumi di Rio de Jeniro tahun 1992. Di dalamnya terkandung 2 gagasan penting, yaitu:

a. Gagasan kebutuhan, khususnya kebutuhan pokok manusia untuk menopang hidup.

b. Gagasan keterbatasan, yaitu keterbatasan kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan baik masa sekarang maupun masa yang akan datang.

Adapun ciri-ciri Pembangunan Berwawasan Lingkungan adalah sebagai berikut:

a. Menjamin pemerataan dan keadilan.

b. Menghargai keanekaragaman hayati.

c. Menggunakan pendekatan integratif.

d. Menggunakan pandangan jangka panjang.

Pada masa reformasi sekarang ini, pembangunan nasional dilaksanakan tidak lagi berdasarkan GBHN dan Propenas, tetapi berdasarkan UU No. 25 Tahun 2000, tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN).

Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional mempunyai tujuan di antaranya:

a. Menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, berkeadilan, dan berkelanjutan.

b. Mengoptimalkan partisipasi masyarakat.

c. Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan.

1. Upaya yang Dilakukan Pemerintah

Pemerintah sebagai penanggung jawab terhadap kesejahteraan rakyatnya memiliki tanggung jawab besar dalam upaya memikirkan dan mewujudkan terbentuknya pelestarian lingkungan hidup. Hal-hal yang dilakukan pemerintah antara lain:

a. Mengeluarkan UU Pokok Agraria No. 5 Tahun 1960 yang mengatur tentang Tata Guna Tanah.

b. Menerbitkan UU No. 4 Tahun 1982, tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup.

c. Memberlakukan Peraturan Pemerintah RI No. 24 Tahun 1986, tentang AMDAL (Analisa Mengenai Dampak Lingkungan).

d. Pada tahun 1991, pemerintah membentuk Badan Pengendalian Lingkungan, dengan tujuan pokoknya:

1) Menanggulangi kasus pencemaran.

2) Mengawasi bahan berbahaya dan beracun (B3).

3) Melakukan penilaian analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL).

e. Pemerintah mencanangkan gerakan menanam sejuta pohon.

2. Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup oleh Masyarakat Bersama Pemerintah

Sebagai warga negara yang baik, masyarakat harus memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kelestarian lingkungan hidup di sekitarnya sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Beberapa upaya yang dapat dilakuklan masyarakat berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup antara lain:

a. Pelestarian tanah (tanah datar, lahan miring/perbukitan)

Terjadinya bencana tanah longsor dan banjir menunjukkan peristiwa yang berkaitan dengan masalah tanah. Banjir telah menyebabkan pengikisan lapisan tanah oleh aliran air yang disebut erosi yang berdampak pada hilangnya kesuburan tanah serta terkikisnya lapisan tanah dari permukaan bumi. Tanah longsor disebabkan karena tak ada lagi unsur yang menahan lapisan tanah pada tempatnya sehingga menimbulkan kerusakan. Jika hal tersebut dibiarkan terus berlangsung, maka bukan mustahil jika lingkungan berubah menjadi padang tandus. Upaya pelestarian tanah dapat dilakukan dengan cara menggalakkan kegiatan menanam pohon atau penghijauan kembali (reboisasi) terhadap tanah yang semula gundul. Untuk daerah perbukitan atau pegunungan yang posisi tanahnya miring perlu dibangun terasering atau sengkedan, sehingga mampu menghambat laju aliran air hujan.

b. Pelestarian udara

Udara merupakan unsur vital bagi kehidupan, karena setiap organisme bernapas memerlukan udara. Kalian mengetahui bahwa dalam udara terkandung beranekaragam gas, salah satunya oksigen.

Udara yang kotor karena debu atau pun asap sisa pembakaran menyebabkan kadar oksigen berkurang. Keadaan ini sangat membahayakan bagi kelangsungan hidup setiap organisme. Maka perlu diupayakan kiat-kiat untuk menjaga kesegaran udara lingkungan agar tetap bersih, segar, dan sehat. Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga agar udara tetap bersih dan sehat antara lain:

1) Menggalakkan penanaman pohon atau pun tanaman hias di sekitar kita

Tanaman dapat menyerap gas-gas yang membahayakan bagi manusia. Tanaman mampu memproduksi oksigen melalui proses fotosintesis. Rusaknya hutan menyebabkan jutaan tanaman lenyap sehingga produksi oksigen bagi atmosfer jauh berkurang, di samping itu tumbuhan juga mengeluarkan uap air, sehingga kelembapan udara akan tetap terjaga.

2) Mengupayakan pengurangan emisi atau pembuangan gas sisa pembakaran, baik pembakaran hutan maupun pembakaran mesin Asap yang keluar dari knalpot kendaraan dan cerobong asap merupakan penyumbang terbesar kotornya udara di perkotaan dan kawasan industri. Salah satu upaya pengurangan emisi gas berbahaya ke udara adalah dengan menggunakan bahan industri yang aman bagi lingkungan, serta pemasangan filter pada cerobong asap pabrik.

3) Mengurangi atau bahkan menghindari pemakaian gas kimia yang dapat merusak lapisan ozon di atmosfer Gas freon yang digunakan untuk pendingin pada AC maupun kulkas serta dipergunakan di berbagai produk kosmetika, adalah gas yang dapat bersenyawa dengan gas ozon, sehingga mengakibatkan lapisan ozon menyusut. Lapisan ozon adalah lapisan di atmosfer yang berperan sebagai filter bagi bumi, karena mampu memantulkan kembali sinar ultraviolet ke luar angkasa yang dipancarkan oleh matahari. Sinar ultraviolet yang berlebihan akan merusakkan jaringan kulit dan menyebabkan meningkatnya suhu udara. Pemanasan global terjadi di antaranya karena makin menipisnya lapisan ozon di atmosfer.

c. Pelestarian hutan

Eksploitasi hutan yang terus menerus berlangsung sejak dahulu hingga kini tanpa diimbangi dengan penanaman kembali, menyebabkan kawasan hutan menjadi rusak. Pembalakan liar yang dilakukan manusia merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kerusakan hutan. Padahal hutan merupakan penopang kelestarian kehidupan di bumi, sebab hutan bukan hanya menyediakan bahan pangan maupun bahan produksi, melainkan juga penghasil oksigen, penahan lapisan tanah, dan menyimpan cadangan air.

Upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan hutan:

1) Reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul.

2) Melarang pembabatan hutan secara sewenang-wenang.

3) Menerapkan sistem tebang pilih dalam menebang pohon.

4) Menerapkan sistem tebang-tanam dalam kegiatan penebangan hutan.

5) Menerapkan sanksi yang berat bagi mereka yang melanggar ketentuan mengenai pengelolaan hutan.

d. Pelestarian laut dan pantai

Seperti halnya hutan, laut juga sebagai sumber daya alam potensial. Kerusakan biota laut dan pantai banyak disebabkan karena ulah manusia. Pengambilan pasir pantai, karang di laut, pengrusakan hutan bakau, merupakan kegatan-kegiatan manusia yang mengancam kelestarian laut dan pantai. Terjadinya abrasi yang mengancam kelestarian pantai disebabkan telah hilangnya hutan bakau di sekitar pantai yang merupakan pelindung alami terhadap gempuran ombak.

Adapun upaya untuk melestarikan laut dan pantai dapat dilakukan dengan cara:

1) Melakukan reklamasi pantai dengan menanam kembali tanaman bakau di areal sekitar pantai.

2) Melarang pengambilan batu karang yang ada di sekitar pantai maupun di dasar laut, karena karang merupakan habitat ikan dan tanaman laut.

3) Melarang pemakaian bahan peledak dan bahan kimia lainnya dalam mencari ikan.

4) Melarang pemakaian pukat harimau untuk mencari ikan.

e. Pelestarian flora dan fauna

Kehidupan di bumi merupakan sistem ketergantungan antara manusia, hewan, tumbuhan, dan alam sekitarnya. Terputusnya salah satu mata rantai dari sistem tersebut akan mengakibatkan gangguan dalam kehidupan.

Oleh karena itu, kelestarian flora dan fauna merupakan hal yang mutlak diperhatikan demi kelangsungan hidup manusia. Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian flora dan fauna di antaranya adalah:

1) Mendirikan cagar alam dan suaka margasatwa.

2) Melarang kegiatan perburuan liar.

3) Menggalakkan kegiatan penghijauan.

Pengertian Definisi Jejaring Sosial


Memahami tentang arti jejaring sosial

Pengertian jejaring sosial adalah pengelompokan individu ke dalam kelompok-kelompok tertentu, seperti masyarakat pedesaan kecil atau subdivisi lingkungan, jika Anda mau. Akan saya bahas cara membuat jejarinng sosial facebook pada artikel selanjutnya.Meskipun jejaring sosial adalah mungkin secara pribadi, terutama di tempat kerja, universitas, dan sekolah tinggi. Hal ini karena tidak seperti sekolah yang paling tinggi, perguruan tinggi, atau tempat kerja, internet diisi dengan jutaan orang yang mencari untuk bertemu orang lain, untuk mengumpulkan dan berbagi informasi tangan pertama dan pengalaman tentang memasak, golf, berkebun, mengembangkan persahabatan atau profesional aliansi, mencari pekerjaan, bisnis-untuk-bisnis pemasaran dan bahkan kelompok berbagi informasi tentang perselingkuhan,he..he..he.. Topik dan kepentingan sangat beragam dan kaya cerita dunia kita.

Ketika datang ke jejaring sosial online, situs web yang umum digunakan. Website ini dikenal sebagai situs sosial. situs jaringan sosial berfungsi seperti sebuah komunitas online pengguna internet. Tergantung pada website tersebut, banyak dari anggota komunitas online berbagi kepentingan bersama di hobi, agama, atau politik. Setelah Anda diberikan akses ke situs jejaring sosial Anda dapat mulai untuk bersosialisasi. Sosialisasi ini mungkin termasuk membaca halaman profil anggota lain dan bahkan mungkin menghubungi mereka.

Teman-teman bahwa Anda dapat membuat hanya satu dari sekian banyak manfaat untuk online jejaring sosial. Lain salah satu manfaat mencakup keanekaragaman karena internet memberikan individu dari seluruh dunia akses ke situs jejaring sosial. Ini berarti bahwa walaupun Anda berada di Mojoagung, Anda bisa mengembangkan persahabatan online dengan seseorang di Denmark atau India. Anda tidak hanya akan membuat teman-teman baru, tapi Anda hanya bisa belajar satu atau dua hal tentang budaya baru atau bahasa baru dan pembelajaran selalu merupakan hal yang baik.

Seperti disebutkan, jejaring sosial sering melibatkan pengelompokan individu atau organisasi tertentu bersama-sama. Walaupun ada beberapa situs jejaring sosial yang berfokus pada kepentingan tertentu, ada orang lain yang tidak. Website tanpa fokus utama yang sering disebut sebagai “tradisional” situs jejaring sosial dan biasanya memiliki keanggotaan terbuka. Ini berarti siapa pun yang dapat menjadi anggota, tidak peduli apa hobi mereka, kepercayaan, atau pandangan tersebut. Namun, setelah kalian berada di dalam komunitas ini online, kalian dapat mulai untuk membuat network anda sendiri dengan teman dan menghilangkan anggota yang tidak berbagi kepentingan bersama atau tujuan.

Sobat-sobat harus menyadari, ada bahaya yang terkait dengan jejaring sosial termasuk pencurian data dan virus, yang meningkat termasuk perselingkuhan. Bahaya yang paling umum walaupun sering melibatkan predator online atau individu yang menyatakan menjadi orang lain. Walaupun tidak ada bahaya dengan jaringan online, akibatnya timbul di dunia. Sama seperti Anda disarankan saat bertemu orang asing di klub dan bar, sekolah, atau bekerja - anda juga disarankan untuk melanjutkan dengan online hati-hati.

Dengan menjadi sadar-lingkungan cyber kalian dan siapa kalian bicara, kalian harus dapat dengan aman menikmati online jejaring sosial. Ini akan memakan banyak percakapan melebihi telepon untuk mengenal seseorang, tapi ini tidak akan dapat membuat penilaian yang jelas sampai kalian dapat bertemu satu sama lain secara pribadi. Hanya menggunakan akal sehat dan mendengarkan suara hati Anda, ia akan memberitahu anda ketika sesuatu yang tidak merasa benar tentang percakapan online berlangsung.Ini harus di sadari.

Setelah informasi yang cukup dan nyaman dengan temuan sobat, sobat dapat memulai pencarian sobat dari ratusan jaringan masyarakat untuk bergabung. Ini dengan mudah dapat dilakukan dengan melakukan pencarian di internet standar. Pencarian kalian kemungkinan akan mendapat sejumlah hasil, termasuk MySpace, FriendWise, FriendFinder, Yahoo 360, Facebook, Orkut, dan Jl.

Demikian sekelumit tentang pengertian jejaring sosial,semoga menambah wawasan anda dalam beberapa devinisi jenis situs jejaring sosial.

Definisi Pengertian Makna Sejarah Facebook

Pengertian Facebook


Sampai saat ini, belum ada data yang valid terkait apa
sebenarnya arti kata facebook. Kata facebook sendiri apabila
diartikan kebahasa Indonesia bermakna “muka buku” atau “wajah
buku” sebuah kata yang ambigu. Pendiri situs ini pun belum
memberikan informasi yang lengkap terkait makna dibalik kata
facebook itu sendiri.
Berdasar pada fakta di atas, maka peneliti dalam
mendefinisikan facebook tidak bersandar pada kata facebook
melainkan lebih melihat pada hal-hal yang meliputi facebook
dalam wilayah penggunaannya. Menurut situs www.tips-fb.com.
Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna
dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah dan
daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang
lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka,
mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain
dapat melihat tentang dirinya.
Facebok didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan
Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Diluncurkan
pertam kali pada 4 februari 2004 yang awalnya hanya untuk siswa
Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, diperluas ke
sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston
University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern,
dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy league.
Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya
ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah
peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat email
universitas (seperti .edu, .ac.uk, dan lain-lain) dari seluruh dunia
dapat juga bergabung dengan situs ini.
Selanjutnya Facebook dikembangkan pula jaringan untuk
sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak
11 September 2006, orang dengan dengan alamat email apa pun
dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk
bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti
berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah
geografi

Pertanyaan Humor Untuk Mengecek Kepintaran


Dibawah ini ada empat ( 4 ) pertanyaan dan satu pertanyaan bonus.(sebenernya sih cuma asal asalan) Jawablah semua tanpa banyak pikir. Cuma boleh berpikir sedetik, jawab segera. OK?

Ayo cari tahu, seberapa pintar anda... .

Siap? GO!!

Pertanyaan pertama:

Anda ikut berlomba. Anda menyalip orang di posisi nomor dua. Sekarang posisi anda nomor berapa?

Jawaban: Jika anda menjawab Nomor Satu, anda SALAH BESAR! Jika anda menyalip orang nomor dua, sekarang andalah yang ada di posisi nomor dua!

Jangan ngaco lagi, ya?.
Sekarang jawab pertanyaan kedua,
tapi jangan berpikir lebih banyak daripada ketika menjawab pertanyaan pertama tadi, OK ?

Pertanyaan Kedua:
Jika anda menyalip orang di posisi terakhir, sekarang anda di posisi??


Jawaban: Jika anda menjawab anda orang kedua dari terakhir, anda SALAH LAGI? Coba, bagaimana caranya menyalip orang TERAKHIR?

Anda sebetulnya tidak terlalu pintar, ? kan ?

Pertanyaan ketiga:
Hitung-hitungan yang pelik! Catatan: kerjakan di pikiran anda saja.
JANGAN gunakan kertas atau pensil atau kalkulator. Cobalah.

Ambil 1000 dan tambahkan 40 padanya. Sekarang tambahkan 1000 lagi. Sekarang tambahkan 30 . !
Tambahkan 1000 lagi . Sekarang tambahkan 20. Sekarang tambahkan 1000
Sekarang tambahkan 10. Berapa totalnya?



Apakah hasilnya 5000 ?

Jawaban yang benar adalah 4100.

Kalau tidak percaya, cek dengan kalkulator!
Hari apes, ? kan ?
Mungkin di pertanyaan terakhir anda bisa benar...

....Mungkin.

Pertanyaan keempat:

Ayah Mary punya lima andak: 1. Nana, 2. Nene, 3. Nini,
4. Nono. Siapa nama anak kelima?

Apa anda menjawab Nunu?
BUKAN! Tentu saja bukan.
Anak kelima namanya Mary. Baca lagi pertanyaannya!

Okay, sekarang ronde bonus:

SEORANG bisu pergi ke toko dan ingin membeli sikat gigi. Dengan menirukan orang menggosok gigi, ia berhasil menyampaikan keinginannya pada penjaga toko dan ia berhasil membeli sikat gigi...
Berikutnya, seorang buta masuk ke toko itu dan ingin membeli kacamata hitam, bagaimana DIA menunjukkan keinginannya?

Langsung aja ngomong, dia kan gak bisu...

Tips Penting Tentang Facebook Dan Internet (mencegah penipuan)

Catatan Untuk Internet Dan Facebook

Akhir-akhir ini, banyak sekali penipuan
yang dilakukan seseorang dengan menggunakan media internet sebagai alat utama untuk melakukan penipuan. Seiring dengan membengkaknya pengguna internet dan FaceBo
ok di Indonesia, maka semakin banyak pula orang yang tidak bertanggung jawab menjadikan FaceBook sebagai alat untuk menipu orang lain.

Karena hal tersebut, agaknya harus lebih berhati-hati dalam menggunakan facebook sebagai sebagai alat komunikasu, terutama dengan orang belum anda kenal. Lebih baik jika lebih berhati-hati saat mengakses facebook agar anda tidak menjadi korban.

Beberapa tips yang bisa digunakan agar anda tidak menjadi korban penipuan maupun efek negatif yang lain yaitu:

Hati-hati ketika memberikan alamat eMail lewat FaceBook

eMail merupakan faktor penting dari seseorang jika ingin mengakses FaceBook. Pada setting default dari privasi FaceBook, alamat eMail bisa dilihat orang lain, bahkan orang tidak termasuk dalam daftar temansekalipun. Alangkah lebih baik jika menggunakan privasi pengaturan privasi agar orang lain tidak dapat melihat eMail yang digunakan untuk login.



Jangan share nomor handphone di FaceBook

Meskipun ada fasilitas untuk menambahkan nomor handphone, ada baiknya tidak menambahkan nomor ke dalam facebook. Jika memang ada kepentingan untuk menambahkan nomor HP (Misalnya untuk kepentingan business, relasi atau keperluan yang lain), gunakan nomor HP skunder yang memang untuk keperluan tersebut dan jangan gunakan nomor pribadi.

Setting privacy untuk foto-foto di account FaceBook

Privasi foto merupakan salah satu hal penting dalam menggunakan FaceBook. Secara default, semua orang bisa melihat foto yang telah diupload ke FaceBook. Hati-hati dengan file foto karena bisa saja ada orang yang jahil yang secara sengaja menggunakan foto anda untuk kepentingan yang tidak bertanggung jawab.



Jangan gunakan aplikasi FaceBook yang belum jelas asal usul dan fungsinya

Facebook merupakan kumpulan berbagai macam aplikasi yang siap digunakan. Ada aplikasi yang menfasilitasi integrasi dengan handphone, ada yang dengan dan ada pula yang hanya sekedar untuk iseng belaka. Jika memang ingin menggunakan sebuah aplikasi, coba lihat dulu berapa banyak orang yang menggunakan aplikasi tersebut. Selain itu, lihat pula rating yang diterima dari pengguna facebook, apakah aplikasi itu memang berfungsi dengan baik atau tidak. Semakin banyak yang memberi reputasi baik, semakin terpercaya pula kalau aplikasi itu memang bermanfaat (Meskipun belum ada jaminan tidak ada udang dibalik itu dari pembuat apliaksi).



Jangan langsung setuju “Invite” dari orang lain di FaceBook

Mungkin diantara teman-teman anda ada beberapa orang yang senang mengundang/mengajak masuk ke dalam group, menggunakan aplikasi atau sejenisnya. Jangan langsung menyetujui hal tersebut kalau belum tahu manfaat apa yang bisa diambil dari situ.

Kesimpulan

Facebook, saat ini sudah menjadi salah satu alat untuk mencari teman, sahabat dan keperluan komunikasi yang lain. Tetapi harap diingat, tidak ada yang sempurna di dunia ini (Termasuk Internet dan FaceBook). Anda harus bisa memilah dan memilih mana yang terbaik buat abda.


Kisah Manusia Masa Depan (manusia pendatang dari masa depan)

Andrew Carlssin, adalah orang yang mengaku berasal dari tahun 2256 dan melakukan time travel ke tahun 2000 an. Berikut kisah dan bukti-bukti yang menunjukkan ia memang benar-benar berasal dari masa depan.

Pada tanggal 28 Januari 2003, Seorang pria bernama Andrew Carlssin digiring oleh FBI atas permintaan SEC (Security and Exchange Commission) untuk diinterogasi atas kecurigaan melakukan insider trading. Kecurigaan itu bermula ketika SEC mengetahui bahwa Carlssin berhasil meningkatkan portofolionya senilai $800 menjadi $350.000.000 hanya dalam dua minggu.

Ia menaruh portofolionya pada 126 keputusan trading yang berisiko tanpa sekalipun gagal. Bayangkan jika anda berjudi kemudian ada orang yang selalu menang berturut-turut, pasti anda akan langsung curiga orang tersebut melakukan kecurangan atau manipulasi. Begitulah yang terjadi dengan Carlssin. Dia melakukan keputusan-keputusan aneh tetapi berhasil meningkatkan uangnya menjadi jutaan dolar hanya dalam dua minggu.

Ketika diinterogasi oleh FBI, Carlssin yang berusia 44 tahun memberikan penjelasan yang luar biasa bagaimana ia mendapatkan kekayaannya tersebut. Ia mengakui bahwa ia berasal dari tahun 2256.

Pengakuan Carlssin "aku tidak dapat menahan diri, padahal aku telah berusaha untuk kelihatan natural, dengan membuat diriku rugi sedikit disini, sedikit disana. Namun kelihatannya aku terhanyut dengan suasana."Menurutnya, dia berasal dari tahun 2256, itulah mengapa dia memilih untuk bermain saham di tahun 2000an, karena ia dapat mengambil keuntungan yang lumayan.

Untuk meyakinkan FBI bahwa ia memang berasal dari masa depan ia memberikan prediksi. Ia memberikan prediksinya tentang tanggal pasti invasi Amerika ke Irak, dan ia memberikan tanggal yang tepat. Carlssin juga menawarkan untuk memberi tahu lokasi Osama Bin Laden dan obat penyembuhan bagi AIDS. Yang dia inginkan hanyalah dilepaskan dan dibiarkan kembali ke mesin waktunya.

Ketika ditanya, Carlssin menolak untuk memberitahu lokasi mesin waktunya atau mendiskusikan cara kerjanya karena takut teknologi itu dapat jatuh ke tangan yang salah. Tentu saja FBI tidak begitu saja mempercayai cerita Carlssin. Namun sebuah sumber dari SEC mengakui bahwa tidak seorangpun yang dapat melacak asal-usul Carlssin sebelum Desember 2002, Seakan-akan Carlssin tidak pernah ada sebelum itu.

Yang lebih anehnya lagi berita tentang Carlssin tiba-tiba saja menghilang dan tidak pernah diungkit lagi. Demikian pula keberadaannya. Tidak ada media yang meliputnya kembali. SEC dan FBI bahkan kemudian menyangkal bahwa mereka pernah menangkap Carlssin (Apakah kisah Carlssin ini menjadi rahasia negara, sehingga langsung disangkal?). Pengacaranya mengatakan bahwa Carlssin harusnya menemui dia untuk acara dengar pendapat di pengadilan pada tanggal 2 April 2003, namun ia tidak muncul, hilang begitu saja.

Kenapa semua informasi tentang Carlssin seperti sengaja ditutup2i, padahal sebelumnya situs berita resmi Weekly World News tanggal 25 Februari 2003 menulis artikel tentang Carlssin, yang kemudian dikutip oleh media-media terkemuka seperti Yahoo news. Namun tetap saja FBI menyangkal telah menangkap Carlssin, bahkan mereka mengatakan tidak mengetahui siapa Carlssin itu.

Pada saat ditangkap tahun 2003, Carlssin berusia 44 tahun. Namun Carlssin mengatakan bahwa hingga saat ini, ia tidak bertambah tua sedikitpun. Ketika ditanya apa yang ia lakukan selama tahun-tahunnya yang hilang, ia menjawab ,”No Comment.” Dan soal kehebohan yang ditimbulkannya, Carlssin berkata,”Waktu adalah segalanya dan segala sesuatu terjadi sesuai waktunya. Aku disini sekarang. Jadi inilah waktuku." mungkin dia ingin menegaskan dia telah melakukan perjalanan waktu.

Sebenarnya teori time travel sudah ada dan beberapa pihak bahkan sudah mencoba untuk mewujudkannya. Seperti di Jenewa, CERN - sebuah organisasi fisika nuklir Eropa sedang melakukan eksperimen membuat lubang hitam mini yang dapat diaplikasikan untuk perjalanan lintas waktu. Dan CERN tentu saja bukan organisasi sembarangan mengingat merekalah yang menemukan Internet (World wide web). John Titor yang mengaku berasal dari tahun 2036 juga mengatakan cikal bakal terciptanya mesin waktu adalah konsep teori lubang hitam CERN.

Bahkan Einstein dan Hawking, dua dari fisikawan terbesar sepanjang masa percaya bahwa manusia dapat mengadakan perjalanan lintas waktu. Einsteinlah yang sebenarnya memulai ide tentang perjalanan waktu dengan teori relativitasnya.

Tidak cukup sampai disitu, Ronald Mallet, seorang profesor fisika dari Universitas Connecticut telah menggunakan persamaan Einstein dan sinar laser untuk menciptakan mesin waktu. Bahkan Prof Mallet memprediksikan bahwa dalam 10 tahun ini, manusia sudah dapat menemukan mesin waktu yang dapat digunakan untuk perjalanan lintas waktu

Pembelajaran Matematika Yang Efektif Dan Mudah Dipahami Siswa

A. Pendahuluan
Anak dari berbagai usia berfikir sesuai dengan tingkat usianya. Matematika adalah subjek ideal yang mampu mengembangkan proses berfikir anak dimulai dari usia dini, usia pendidikan kelas awal (pendidikan dasar), pendidikan menengah, pendidikan lajutan dan bahkan sampai mereka berada di bangku perkuliahan. Hal ini diberikan untuk mengetahui dan memakai prinsip matematika dalam kehidupan sehari-hari baik itu mengenai perhitungan, pengerjaan soal, pemecahan masalah kehidupan di lingkungan sekolah ataupun di lingkungan masyarakat.

Khusus untuk anak-anak atau siswa pendidikan kelas awal atau pendidikan dasar (SD), matematika sangat berguna sekali bagi mereka untuk mengembangkan proses berfikir mereka mulai dari hal-hal yang sederhana samapi kepada hal-hal yang rumit.
Tahapan dimana anak-anak atau siswa Sekolah Dasar sudah bisa mempraktekkan matematika dalam kehidupan sehari-hari tentulah ditunjang oleh berbagai cara serta metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak Sekolah Dasar. Hal ini sesuai dengan tingkat perkembangan anak kelas awal awa SD yang cenderung bermain sambil belajar.
Kemajuan yang pesat dalam bidang teknologi dan informatika, telah memudahkan siswa dalam menggunakan TI tersebut untuk keperluan membantu siswa untuk menyelesaikan berbagai masalah perhitungan dan cara-cara baru yang diperkenalkan. Dan hampir setiap tingkat terjadi perubahan yang signifikan yang mengharuskan anak-anak perlu pengembangan keahlian baru.
Tidak bisa dipungkiri, siapapun akan bangga jika punya anak pintar matematika atau paling tidak nilai matematikanya selalu bagus. Sehingga orang tuapun tidak segan-segan untuk memberikan atau mengikutkan anak-anak mereka les tambahan untuk mata pelajaran matematika dengan harapan anak-anak mereka mendapatkan nilai yang bagus.
Pada hal nilai bagus yang didapatkan oleh anak-anak mereka dalam berhitung saja tidak cukup kalau tidak bisa menganalisis atau merubah dari soal cerita ke bahasa matematika dan mengembalikan lagi ke dalam soal cerita atau kalau tidak bisa menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari (Problem Solving).
Mengacu kepada permasalahan di atas, maka tidak jarang anak-anak yang bagus nilainya di kelas awal akan mengalami kesulitan atau turun nilainya pada tahap kelas tinggi, menengah, atas dan kuliah, serta yang lebih mengkhawatirkan pada tingkat lingkungan masyarakat ataupun kehidupan yang dilaluinya. Dengan kata lain mereka akan mengalami hambatan di dalam kehidupan social.
Matematika merupakan cabang mata pelajaran yang luas cakupannya dan bukan hanya sekedar bisa berhitung atau masukin rumus saja tetapi mencakup beberapa kompetensi yang menjadikan siswa tersebut dapat memahami dan mengerti tentang konsep dasar matematika.
Belajar matematika juga membutuhkan kemampuan bahasa, untuk bisa mengerti soal-soal atau mengerti logika, juga imajinasi dan kreativitas. Dan sekiranya dipergunakan dalam lingkungan sekolah , yaitu antara guru dan siswa maka kuncinya adalah mengambil contoh dalam hidup sehari-hari dan dibuat semenarik mungkin.
Pada kenyataannya diperkirakan banyak dari siswa pendidikan sekolah dasar atau kelas awal SD masih mementingkan ”Mahir dalam perkerjaan penghitungan dan masukin rumus saja”. Kenapa hal ini bisa terjadi? Kesalahan siapakah?
Untuk mengungkap hal ini akan dilakukan pembahasan mengenai pertanyaan-pertanyaan di atas dan akan diberikan beberapa solusi ataupun saran untuk menghindari pembelajaran matematika yang kurang mencapai tujuan yang diharapkan.
B. Pembahasan
1. Peranan dan Kemampuan Guru
Menurut Turney dalam E. Mulyasa (2007:69) untuk menciptakan pembelajaran yang kratif, dan menyenangkan, diperlukan berbagai keterampilan diantaranya adalah keterampilan membelajarkan atau keterampilan mengajar. Keterampilan mengajar merupakan kompetensi professional yang cukup kompleks, sebagai integrasi dari berbagai kompetensi guru secara utuh dan menyeluruh. Ada delapan keterampilan mengajar yang sangat berperan dan menentukan kualitas pembelajaran, yaitu keterampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, membimbing diskusi kelompok kecil, mengelola kelas, serta mengajar kelompok kecil atau perorangan. Penguasaan terhadap keterampilan mengajar tersebut harus untuh dan terintegrasi.
Pada segi lain seorang guru harus mempunyai pendekatan dan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan dan memilih metode-metode pembelajaran yang efektif serta berusaha memberikan variasi dalam metode pembelajaran agar tidak kelihatan atau menyebabkan siswa atau peserta didik jenuh. Jika hal ini diterapkan, maka dituntut sekali inisiatif guru untuk melakukan variasi dan krativitas guru.
Guru merupakan seorang figur yang menjadi tauladan dan pedoman bagi siswa dalam bidang pendidikan dan pengajaran. Guru merupakan nara sumber yang akan memberikan dan menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan bagi siswa, terutama sekali dalam hal pemahaman dan penyelesaian mata pelajaran matematika. Tetapi hal tersebut kemungkinan besar tidak sampai pada tahap yang diharapkan.
Pada teori ataupun pendekatan konstruktivis siswa lebih dominan dalam menentukan atau menemukan sendiri pemahaman tentang konsep pembelajaran itu sendiri. Hal ini juga berlaku pada mata pelajaran matematika. Mereka bisa mengerjakan dan menyelesaikan serta memecahkan sendiri persoalan matematika, baik yang berupa perhitungan ataupun persoalan yang terjadi sehari-hari. Kegiatan ini tidak akan ada artinya tanpa peranan dan kemampuan guru untuk mengarahkan dan melakukan pendekatan-pendekatan konstrukstivis dalam membelajarkan siswa.
Pada pendekatan kontekstual (CTL: contextual teaching and learning)juga dinyatakan bahwa CTL merupakan konsep pembelajaran yang menekankan kepada keterkaitan antara materi pelajaran dengan dunia kehidupan peserta didik secara nyata. E. Mulyasa (2007:102). Berdasarkan pernyataan yang dikemukakan tersebut sangat jelas bahwa guru dituntut untuk lebih mengenalkan siswa pada kehidupan nyata mereka. Jika kita masukkan ke dalam pembelajaran matematika kepas awal SD, maka segala macam bentuk persoalan yang akan diberikan kepada siswa harus menggambarkan persoalan yang ditemui sehari-hari atau dengan kata lain yang berdekatan dengan pengalaman empiris peserta didik di lapangan. Jadi dengan adanya kegiatan pembelajaran yang mengaitkan langsung dengan kehidupan nyata peserta didik akan dengan mudah dipahami dan dimengerti oleh peserta didik itu sendiri.

2. Peranan Orang Tua
Dalam menyingkapi perkembangan dan kreativitas peserta didik dan permasalahan yang terjadi di lapangan terhadap mata pelajaran matematika, maka orang tua mempunyai peranan yang tak kalah penting jika dibandingkan dengan guru. Hal yang dikhawatirkan akan melemahkan peserta didik dalam memahami persoalan-persoalan matematika maupun pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari juga menjadi tugas dari orang tua.
Orang tua juga merupakan panutan bagi peserta didik dalam membantu mereka memecahkan persoalan-persoalan mereka sehari-hari. Jadi sudah seharusnya sebagai orang tua memantau dan menjajaki perkembangan anak dalam hal penguasaan materi pelajaran di sekolah terutama pelajaran matematika. Dengan menyediakan waktu bersama anak dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang sudah dipelajari anak di bangku sekolah dan memberikan pengertian terhadap matematika baik itu dalam mengerjakan hitungan dan rumus yang dipakai serta memberikan pemahaman atau perbandingan dengan kehidupan sehari-hari yang disukai anak.
Dorongan dan motivasi kepada anak sangat diperlukan untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada mereka untuk mengetahui dan memahami persoalan matematika yang diberikan dan anak-anak akan mampu untuk mengerjakan dan sekaligus memahami persoalan tersebut dan berusaha mencari pemecahannya sendiri
Pada permasalahan penghitungan bisa dikatakan bahwa siswa dapat menguasainya bahkan untuk penghitungan besar sekalipun, karena disamping mendapat pengajaran dan didikan dari guru para orang tua murid memberikan tambahan pendidikan di luar sekolah seperti halnya les matematika.
3. Masalah yang Muncul
Melihat gejala yang ada di masyarakat dan permasalahan yang ditemui di lapangan dapat dikatakan bahwa pendidik selaku orang yang menjadi tauladan ataupun pedoman bagi siswa yang akan memberikan semua solusi pemecahan masalah (problem solving) baik itu dalam hal penghitungan matematika maupun pemecahan masalah yang nantinya akan di hadapi siswa di luar lingkungan sekolah seperti lingkungan masyarakat Cuma harapan semata. Hal yang banyak ditemui di lapangan adalah “Siswa hanya mahir dalam hal hitungan dan tidak bisa menerapkan ilmunya pada kehidupan sehari-hari dan hanya dipaksakan untuk mengerjakan sesuatu sesuai dengan rumus yang mereka dapatkan”.
Jika hal tersebut di atas terus berlangsung, maka siswa pada tahapan beberapa tahun nanti akan menjadi lemah dalam menjalani kehidupannya sehari-hari yang terus berhubungan dengan persoalan-persoalan kehidupan yang harus dicari pemecahannya secara sempurna dan menuntut adanya logika dan kreativitas siswa itu sendiri. Dan hal yang paling mengkawatirkan adalah mereka akan menjadi orang yang hanya menjalankan apa yang ada, bukan menciptakan ataupun berinisiatif untuk menciptakan hal-hal baru.
Prof.Dr.Maman A Djauhari Guru Besar ITB mengemukakan: “Lemahnya pendidikan matematika di Indonesia merupakan akibat tidak diajarkannya filsafat atau latar belakang ilmu matematika. Dampaknya siswa pandai mengerjakan soal, tetapi tidak bisa memberikan makna dari soal itu. Matematika hanya diartikan sebagai persoalan hitung-hitungan yang siap untuk diselesaikan atau dicari jawabannya”. Akibat dari semua itu anak-anak atau siswa tidak mampu memberikan penjelasan atau interpretasi terhadap soal dalam matematika. Pada hal kita tahu bahwa matematika adalah interpretasi manusia terhadap fenomena alam. Hal ini berhubungan erat dengan langkah-langkah yang dilakukan para guru ataupun pendidik dalam membelajarkan matematika kepada siswa supaya menjelaskan atau melengkapi dengan berbagai penjelasan dan latar belakang terhadap sebuah rumus yang telah diyakini itu sebagai sebuah pengetahuan filsafat.
4. Usaha yang Dapat Dilakukan
Untuk membantu siswa dalam memahami dan memperkuat kemampuan berpikir secara matematis dalam lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat serta kehidupan sehari-hari diantaranya mengembangkan konsep peserta didik sebagai dasar kemampuan dalam pengembangan dan penemuan konsep-konsep lain yang lebih rumit, menurut Linda Jensen dan Douglas E Comicshank (1996: ) mengemukakan ada empat proses berfikir yaitu Observing and infering: memotivasi anak untuk menjelaskan objek, baik secara lisan, secara tulisan maupun gambar, Comparing: meminta anak untuk mencatat kemiripan dan perbedaan, Classifying: meminta anak untuk menilai suatu objek berdasarkan satu atribut atau lebih, Sequensing: meminta anak mengurutkan unsur-unsur dalam himpunan berdasarkan satu karakteristik atau lebih yang diberikan.
Keahlian anak harus dievaluasi dan diidentifikasi dengan terus memperhatikan tingkat perkembangan kemampuan anak-anak. Gaya belajar anak juga harus diperhatikan ketika hendak merencanakan sebuah pembelajaran.
Pada bagian lain juga dikemukakan beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam membelajarkan matematika kepada siswa, antara lain:
1.Beri inspirasi
Beberapa anak-anak atau siswa tidak menyukai matematika karena tidak tahu intinya. Tidak seperti membaca atau menggambar, symbol matematika dan bilangan seperti tidak punya arti. Tunjukkan betapa pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari atau di dunia nyata. Ceritakan penemuan-penemuan penting mulai dari piramida di Mesir, sampai ke Mars, tidak ada yang bisa dicapai tanpa metematika, dan matematikawan.
2. Beri contoh nyata
Ajak anak-anak atau siswa dalam matematika nyata lepas dari sekolah. Temukan sesuatu yang menarik bagi anak dan hubungkan dengan matematika. Misalnya, jika mereka suka basket/sepak bola, selama pertandingan, Tanya amereka berapa point tim yang kalah harus dapatkan untuk memenangkan pertandingan. Dan berapa banyak pertandingan yang mereka butuhkan untuk menang sampai mereka dapat point cukup untuk memenangkan liga? Jika mereka suka membantu di rumah, ajak mereka mengukur kayu yang harus dipotong, atau menimbang bahan untuk kue. Di took ajak mereka menghitung total harga atau tanyakan berapa kembalian uangnya.
3. Tahap demi tahap
Sukses dalam matematika, seperti juga dalam hidup adalah membagi proyek besar dalam proyek-proyek kecil yang lebih mudah. Tunjukkan keuntungan mengerjakan satu soal dengan membaginya dalam tahap-tahap kecil yang membuat jauh lebih mudah.
4. Dorongan krativitas
Anak-anak atau siswa mungkin merasa “stuck” da;am suatu topic karena mereka hanya melihat dari satu sisi. Mungkin mereka butuh melihat dari sisi lain yang berbeda. Tunjukkan keindahan sudut pandang yang berbeda. Bantu mereka melihat situasi dari perspektif orang lain. Beri mereka kebiasaan untuk eksploring berbagai cara untuk memcahkan masalah. Bahkan sesuatu yang sederhana seperti membereskan kamar bisa punya berbagai solusi.
5. Berpikir positif
Haruskah pernyataan negative seperti, “matematika itu susah” (bahkan jika anda merasa itu susah). Jelaskan bahwa semua orang punya kemampuan untuk mengerjakan matematika dan memecahkan soal-soal matematika tidak berbeda dengan memecahkan masalah-masalah lain . Di atas semua itu, berikan kepercayaan diri kepada anak. Ajarkan bahwa selalu ada solusi untuk semua problem. Kita akan berlaku lebih baik kalau kita menyukai yang kita kerjakan, dan membuat anak tertarik pada matematika.
6. Memberikan asessmen, reward dan refleksi dari proses pembelajaran yang sudah dilakukan. Peserta didik merupakan manusia biasa yang dalam tahap perkembangannya memerlukan sebuah pengakuan diri, penguatan dan penghargaan terhadap apa yang mereka lakukan. Dengan adanya tindakan guru yang memberikan asessmen dan reward, maka mereka merasa senang dan berusaha untuk memperhatikan apa yang diberikan guru kepada mereka. Dari proses tersebut mereka akan merespon dan melakukan inisiatif untuk menciptakan pembelajan yang kreativ. Hal ini merupakan suatu jalan mulus bagi guru untuk terus masuk kepada materi-materi pelajaran sekalipun itu agak sukar bagi mereka untuk mengerjakannya. Tetapi mengarahkan dan memandu dalam mengemukakan apa yang telah mereka pelajari dari awal sampai akhir materi pelajaran lebih penting lagi. Sehingga mereka dapat mengungkapkan apa yang telah mereka pelajari hari ini.

C. Kesimpulan dan Saran
1. Kesimpulan
•Proses berfikir anak perlu dikembangkan terutama dikelas matematika, karena hal ini penting.
•Anak perlu diberi dasar kemampuan mengobservasi, membandingkan, mengelompokkan, dan mengurutkan benda.
•Program komputer untuk pengembangan konsep juga sangat berguna dalam mengembangkan kemampuan matematis.
•Kemampuan anak harus dievaluasi dan diidentifikasi dengan terus memperhatikan tingkat perkembangannya. Gaya belajar anak juga harus diperhatikan ketika hendak merencanakan sebuah pembelajaran.

2. Saran

•Diharapkan dengan adanya pembahasan dalam makalah ini supaya guru-guru khususnya pada guru bidang studi matematika menyadari dan dapat mengambil suatu tindakan ataupun menjadikan sebagai acuan dalam membelajarkan matematika di kelas awal SD.
•Diharapkan guru-guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih mengembangkan pemahaman tentang konsep siswa terhadap matematika.
•Diharapkan dengan pembahasan ini dapat menjadi sebagai salah satu upaya dalam pemecahan masalah pembelajaran matematika yang didasarkan pada filsafat dan pemahaman siswa terhadap proses pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
•Diharapkan kepada orang tua agar dapat membantu dalam membelajarkan matematika siswa dengan menerapkan pola fikir matematis dalam kehidupan sehari-hari.
•Diharapkan kepada guru-guru untuk menerapkan beberapa pendekatan dalam pembelajaran agar peserta didik dapat dengan mudah memahami dan mengerti tentang materi pelajaran yang diajarkan.
•Untuk mendapatkan kesusksesan dalam pembelajaran, maka diharapkan kepada guru-guru untuk melakukan variasi dari setiap metode, strategi ataupun pendekatan yang dilakukan dam proses pembelajaran dan membelajarkan peserta didik.
• Diharapkan kepada guru-guru lewat bahasan ini dapat menciptakan pembelajaran matematika yang kreatif dan menyenangkan bagi peserta didik khususnya kelas awal SD.
KEPUSTAKAAN

Cara Belajar, Pengertian, Dan Manfaat Tenaga Dalam

Sekilas tentang Tenaga Dalam



Tenaga dalam dapat dibangkitkan dengan olah pernafasan, baik olah pernafasan yang ditekan pada perut, rongga dada maupun dibawah pusat yang di kombinasikan dengan pemusatan fikiran (Konsentrasi penuh) pada satu titik. Dengan tenaga dalam seperti ini mampu menghimpun suatu kekuatan ghaib yang disaring dari Daya Hayat / Daya Prana / Magnetis yang berada di dalam alam bebas maupun pada diri sendiri. Namun bila daya prana tersebut telah dipergunakan dan tidak dilatih secara rutin, maka daya prana akan menghilang dengan sendiri.

Tenaga Dalam Ilahi (Celestial Plane) atau tenaga dalam frekuensi ilahiah yang diajarkan ini mempunyai metode yang khusus berbeda dengan tenaga dalam yang lain. Tenaga Dalam Ilahiah hanya bersumberkan pada keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan dipadu dengan pemusatan fikiran yang jitu (Konsentrasi penuh). Tenaga Dalam ini akan berfungsi selamanya dan secara otomatis terisi kembali setelah dipergunakan. Yang paling utama pengisian dilakukan oleh kami sendiri sehingga anda mampu dalam mengolah tenaga dalam dan langsung dapat merasakan berbagai kegunaanya dan manfaatnya.

Pembangkitan dapat dilakukan dengan cara langsung maupun jarak jauh. Kami akan mengirim diktat secara langsung (melalui e-mail). Dalam e-mail tersebut akan kami sertakan diktat serta petunjuk penggunaannya. Pembangkitan dengan getaran suara, melalui telepon bagi yang jarak jauh.

Manfaat Setelah Anda Diisi:

Perisai diri dari segala serangan fisik maupun metafisik
Tidak luka atau cedera jika terkena senjata tajam (bila benar kejadian diserang musuh)
Untuk Penyembuhan segala penyakit fisik maupun metafisik
Mengobati kemandulan atau lemah syahwat
Meningkatkan Kewibawaan dan daya tarik
Mendongkrak karier dan usaha
Bisa komunikasi dan mengendalikan khodam jika anda mau
Dapat mementalkan serangan musuh sebelum menyentuh diri
Dapat meminjam kesaktian orang lain
Dapat mengunci ilmu atau serangan orang lain
Memagari diri, orang lain, rumah / perusahaan dan harta benda
Kunci Sejati membuat pusaka (Mengisi Keris, Golok , Pisau, Samurai, Batu permata, minyak pengasih dan air berisi)
Tidak ada pantangan, efek sampingan maupun kontradiktif dengan ilmu yang lain selama ilmu lain itu bukan ilmu hitam, bahkan ia akan bersatu dan menjadi padu. Dalam hal ini hanya ilmu yang bersumberkan dari Keridhoan Tuhan Yang Maha Esa saja, yg dapat berpadu, biasanya bagi ilmu yang bersumberkan pada yang benda atau mahluk, ilmu tersebut akan menghilang.
Dan masih banyak manfaat lainnya yang akan diperoleh
Ilmu Tenaga Dalam Ilahi atau TDI berasal dari keyakinan hati yang paling dalam, bersih dan suci dan akhirnya anda akan menemukan keyakinan kita akan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Ilmu ini dapat difungsikan selama-lamanya dan tidak akan hilang. Tidak berlaku kontradiktif bila anda belajar ilmu tenaga dalam / batin yang lain asal beraliran putih.

Proses Pengisian Dan Pembangkitan Jarak Jauh

Proses pengisian dapat dilakukan walau dimanapun anda berada, dan tidak membedakan agama, ras, suku dan bangsa. Waktu pengisiannya hanya memakan waktu sekitar satu setengah jam (untuk proses penyelarasan). Setelah di isi anda akan lansung merasakan tenaga TDI meresap di dalam diri anda dan dapat berfungsi selama-lamanya.

Proses 2 tahap yakni:

Attunements Energy Sensitifitas untuk meningkatkan kepekaan rasa dan tubuh terhadap energi (1 kali attunement, dan 6 hari meditasi penguatan kepekaan)
Pembangkitan Tenaga Dalam Ilahi ( 1 kali pembangkitan, dan 7 hari latihan nafas fisik untuk penguatan)
Tanda-Tanda Awal Setelah Pengisian

Umumnya Telapak tangan terasa panas atau sejuk dan meremang (seolah-olah semut sedang berjalan atas tangan anda) serta jari dan tangan bergerak dengan sendiri dan seterusnya anda mampu mendatangkan gerakan-gerakan silat, kungfu, dan tarian.

Tingkatan Dalam Tenaga Dalam Ilahi

Level Praktisi, Biaya Rp.1.500.000,-
Level Master (Bisa mengisi orang lain - level praktisi), Biaya Rp.3.000.000, (HANYA DAPAT DIAMBIL SETELAH LEVEL PRAKTISI)
Persyaratan : Tidak Ada, bisa untuk semua orang, agama, suku, ras dan bangsa
Simbol dan Mantra : Tidak Ada
Pengisian dilakukan secara: Jarak Jauh
Testimonial

I was attuned to Tenaga Dalam Ilahi by Guru Sastra and I find the energy to be very strong. I have used it in my massage and healing work. It is a wonderful energy." (James Ang, Canada : Reiki Master, Massage Therapist and Energy Healer)

"Tenaga Dalam Ilahi is amazing energy with magic aspect who brings very powerfull inner power . Tenaga Dalam Ilahi balances all the energy in the body. It's a kind of crude "Polynesian Mana" very dynamic! (Patrice PFEIFFER, French. Reiki Master from "Les Ateliers de la SOURCE)

It was a wonderful experience. I have felt a surge of tremendous heat build up in my body and various tingling in my head. I feel the TDI like a very potent divine energy. It's a rebirth feeling and I'm eternally grateful for that. I have received many attunements but this one it"s the more powerful for me. (Olivier Clonaris, French)