Recent Posts

Add Logo ADIRA SEO Festive 2011

Ilmu Ekonomi dan pengertian ekonomi


Ilmu ekonomi merupakan cabang ilmu sosial yang mempelajari berbagai perilaku pelaku ekonomi terhadap keputusan-keputusan ekonomi yang dibuat. Ilmu ini diperlukan sebagai kerangka berpikir untuk dapat melakukan pilihan terhadap berbagai sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

Lingkup Ilmu Ekonomi

a. Microeconomics adalah bagian dari ilmu ekonomi yang membahas perilaku individu dalam membuat keputusan penggunaan berbagai unit ekonomi. Di sini ada perusahaan dan rumah tangga.

b. Macroeconomics adalah bagian dari ilmu ekonomi yang menjelaskan perilaku ekonomi secara keseluruhan (economic aggregates)— akan terkait dengan income, output, employment, dan lain-lain—dalam kerangka atau skala nasional.

Pembagian Ilmu Ekonomi (Alferd W. Stonier dan Douglas C. Hague)

1. Descriptive Economics (ilmu ekonomi deskriptif).
Di sini dikumpulkan semua kenyataan yang penting tentang pokok pembicaraan (topik)
yang tertentu, artinya mendiskripsikan data-data yang menjelaskan berbagai fenomena dan kenyataan yang terjadi.
misalnya: sistem pertanian di Bali, atau industri katun di India.

2. Economic Theory (ilmu ekonomi teori atau teori ekonomi atau analisis ekonomi).
Di sini kita memberikan penjelasan yang disederhanakan tentang caranya suatu sistem ekonomi bekerja dan ciri-ciri yang penting dari sistem seperti itu. Teori ekonomi dibangun dengan landasan pengamatan sebab akibat berdasarkan aksi dan reaksi yang terjadi dalam kehidupan ekonomi masyarakat.

3. Applied Economics (ilmu ekonomi terapan).
Di sini kita mencoba mempergunakan rangka dasar umum dan analisis yang diberikan
oleh ekonomi teori untuk menerangkan sebab-sebab dan arti pentingnya kejadian-kejadian yang dilaporkan oleh para ahli ekonomi deskriptif.

Metode Ekonomi
a. Positive economics
Ekonomi positif adalah pendekatan ekonomi yang mempelajari berbagai pelaku dan proses bekerjanya aktivitas ekonomi, tanpa menggunakan suatu pandangan subjektif untuk menyatakan bahwa sesuatu itu baik atau jelek dari sudut pandang ekonomi.
Ekonomi positif di bagi menjadi dua, yaitu ekonomi deskriptif dan ekonomi teori.

b. Normative economics
Oleh beberapa ahli dari hal ini membangun yang disebut dengan politik ekonomi (political economics), salah satu cabangnya ekonomi kelembagaan. Ekonomi normatif adalah pendekatan ekonomi dalam mempelajari perilaku ekonomi yang terjadi, dengan mencoba memberikan penilaian baik atau buruk berdasarkan pertimbangan subjektif.

Adapun tiga masalah pokok dalam perekonomian, yaitu :
1. Jenis barang dan jasa apa yang akan diproduksi?
2. Bagaimana menghasilkan barang dan jasa tersebut?
3. Untuk siapa barang dan jasa tersebut dihasilkan?

Memecahkan Masalah Ekonomi :
1. Barang apa yang akan diproduksi (What): Ditentukan oleh hak memilih dalam nilai Rupiah yang dimiliki konsumen.
2. Bagaimana barang diproduksi (How): Ditentukan oleh persaingan diantara produsen.
3. Bagi siapa barang dibuat (For Whom): Ditentukan oleh pola permintaan dan penawaran di pasar atas faktor produksi.

10 Orang Paling Pintar Di Dunia

Dengan diukur berdasarkan tingkatan IQ saja, tidak berdasarkan jasa atau penemuan Tokoh tersebut, kita dapat mengukur tingkat kegeniusan seseorang. Silahkan membaca. :)

10. JOHN STUART MILL
Mill adalah seorang Filsuf asal Inggris. Bekerja sebagai PNS di Inggris. Seorang paling berpengaruh dalam teori Sosial dan Politik. Mill memiliki IQ 174.

9. EDMUND SPENSER
Spenser adalah seorang pengrajin asal Inggris yang terkenal dengan karyanya The Faerie Queene. Spenser mimiliki IQ 175.

8. EMANUEL SWEDENBORG
Swedenborg adalah seorang Ilmuwan asal Swedia. Ia juga adalah seorang Mistikus Kristen. Pada Usia 56 tahun, ia bermimpi dan mengaku telah ditunjuk tuhan untuk menulis Doktrin Surgawi untuk mereformasi Kristen. Ia juga mengklaim bahwa Tuhan telah membuka matanya sehingga ia mampu melihat Surga Neraka dan berbincang-bincang dengan Malaikat. Ia memiliki IQ 176.

7. JOHANN WOLFGANG VON GOETHE
Seorang Ilmuwan dan Penulis asal Jerman. Goethe adalah tokoh terpenting dalam dunia sastra Jerman. Ia memiliki IQ 179.

6. LEONARDO DA VINCI
Seniman terkenal dari Itali. Namun lebih banyak menghabiskan riwayat hidupnya di Perancis. Karya paling terkenal dari Da Vinci adalah lukisan Monalisa. Da Vinci memiliki IQ 180.

5. MARYLIN VOS SAVANT
Seorang Pengarang yang berasal dari Amerika Serikat. Tercatat sebagai orang pemilik IQ tertinggi ke 3 di Guinness Book Of Record saat ini. Dengan IQ 186.

4. SIR ISAAC NEWTON
Ilmuwan yang menyimpulkan adanya gaya Gravitasi. Yang terkenal dengan pohon apelnya. Ialah Isaac Newton. Seorang Fisikawan, Matematikawan, Filsuf alam, Ahli Astronomi, dan Teolog yang berasal dari Inggris. Newton memiliki IQ 190.

3. CHRISTOPHER LANGAN
Christopher Michael Langan. Warga Amerika Serikat yang berada dalam daftar nomor 2 Guinness book of Record dengan IQ 195.

2. KIM UNG YONG
Satu-Satunya orang paling jenius yang masih hidup sampai saat ini. Tercatat dalam Guinness Book Of Record sebagai pemilik IQ tertinggi di Dunia saat ini, yaitu IQ 210. Ia adalah pria berkewarganegaraan Korea. Mungkin, ia terlahir ke Dunia sebagai bayi ajaib. Kim kecil yang waktu itu baru berusia 3 tahun, sudah dapat membaca-menulis dalam 4 bahasa (Inggris, Korea, Jepang, Jerman). Pada Usianya yang ke 7 tahun, Kim di undang ke Amerika Serikat oleh NASA. Ia menyelesaikan gelar Professor Ph.D di Colorado State University sebelum berusia 16 Tahun. Kembali ke Korea ia mendapatkan gelar Doktor pada bidang teknik sipil. Sekarang ia bekerja untuk NASA.

1. JAMES SIDIS
Bukan Einstein, Bukan Thomas Alva Edison. Tapi ialah William James Sidis. Pria berkewarganegaraan Amerika serikat. IQnya lebih dari IQ 250. Mengapa ia kurang dikenal dunia? Orang ini memang terlalu pintar. Baru berusia 11 tahun, Ia sudah masuk Universitas. Ia menjadi siswa termuda di Universitas Harvard. Seumur hidupnya, Sidis telah menguasai 200 bahasa di Dunia. Bahkan, Ia menghafal 1 jenis bahasa secara keseluruhan hanya dalam waktu 1 hari. Kepintarannya yang luar biasa membuatnya gila. Ia tak punya teman atau pacar. Bahkan ia pergi dari rumah, meninggalkan keluarganya dan mengasingkan diri. Ia meninggal pada usia 46 tahun dalam keadaan menganggur, terasingkan, dan amat miskin.

Cara Memperbaiki Handphone Yang Terkena Air

Cara Memperbaiki Handphone Yang Terkena Air

Seringkali kita mendapati handphone kita terkena air karena kehujanan atau tidak sengaja terjatuh ke dalam air. Hal ini pasti membuat kita panik jika nantinya ponsel kita rusak. Tapi jangan khawatir, kami akan mengulas untuk Anda cara cepat memperbaiki handphone yang terkena air.

Bertindak Cepat:

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menyelamatkan ponsel anda yang basah adalah dengan bertindak cepat. Cepat buka semua bagian yang bisa dilepas, seperti penutup belakang, baterai, Sim Card, kartu memori dan bagian lainnya yang bisa dilepas. Ambil sepotong kain atau tisu untuk menyeka air yang terdapat pada handphone. Pastika semuanya kering, karena jika Anda tidak melakukan ini air di dalam ponsel akan mulai menguap dan

berkumpul ditempat-tempat yang sulit dijangkau.

Menggunakan pengering rambut:

Cara kedua adalah dengan menggunakan pengering rambut. Ambil pengering rambut lalu keringkan ponsel, terutama pa

da tempat baterai. Karena pada bagian ini terdapat banyak lubang-lubang kecil sehingga air cepat masuk ke dalam handphone.
Pastikan bahwa Anda tidak memegang pengering rambut terlalu dekat dengan handphone, karena akan merusak mekanisme listrik dari handphone. Terus keringkan handphone dari jarak yang aman selama dua puluh sampai tiga puluh menit.

Pengeringan dalam waktu lama:

Jika cara nomor 1 dan nomor 2 tidak berhasil, cobalah cara ketiga. Lepaskan penutup baterai dari handphone. Letakkan handphone di tempat yang kering serta hangat untuk membiarkan air di dalam ponsel menguap

Perusahaan Emas Terbesar Di Dunia

Perusahaan Emas Terbesar Di Dunia

Harga emas melonjak sangat tinggi bulan ini (melebihi US $ 1.123). Hal ini membuat semua pihak, dari analis sampai ibu rumah tangga, memperhatikan dengan cermat perubahan harga logam mulia ini. Semua faktor-faktor yang menyebabkan fluktuasi harga emas global seperti nilai tukar mata uang asing, faktor-faktor politik, penawaran dan permintaan, faktor-faktor ekonomi global, serta tingkat bunga, terus dipantau oleh semua lapisan masyarakat.

Di sini saya akan berbagi informasi tentang 10 perusahaan pertambangan emas terbesar di dunia yang jumlah produksi mereka benar2 mempengaruhi nilai harga emas di tingkat internasional secara signifikan.


1. Barrick Gold Corporation
Masih memegang rekor sebagai perusahaan tambang emas terbesar di dunia. Berbasis di Toronto, Kanada. Mengoperasikan 27 tambang di seluruh dunia, dan masih terus mengembangkan tambang2 lainnya, memiliki cadangan emas terpendam milik perusahaan sebanyak 138.5 million ounces (setara 3.864,4 ton; 1 ton = 35840 once)
Barrick memimpin produksi emas dengan nilai produksi 5,525 million onces dalam 9 bulan pertama di tahun 2009, dengan prakiraan produksi sebesar 7,2-7,6 millions onces dalam tahun 2009 dan diperkirakan meningkat menjadi sekitar 7,7-8,1 millions onces pada tahun 2010.


2. Newmont Mining Corporation
Nomor dua dunia di perusahaan tambang emas. Bermarkas di Denver, Colorado, USA. Selama 9 bulan pertama, produksi mereka emas adalah 4,715 million onces yang berasal dari 9 lokasi di seluruh dunia. Output tahunan prediksi untuk 2009 adalah berkisar antara 5,2 million onces sampai 5,4 million onces.
Untuk tahun 2010, Perusahaan mengumumkan bahwa mereka mengharapkan modal untuk meningkatkan produksi emas sekitar 5-10%, terutama sebagai hasil produksi yang lebih tinggi dari Boddington di Australia dan Batu Hijau di Indonesia.


3. AngloGold Ashanti Ltd.
Di urutan ketiga perusahaan tambang emas terbesar di dunia. Berkantor pusat di Johannesburg, Afrika Selatan. Mengoperasikan tambang di Australia, Afrika Selatan, Afrika Barat dan Amerika Selatan.
Memiliki produksi sebesar 3,417 million onces selama sembilan bulan pertama 2009. Untuk tahun ini prediksi tambang emas di 4,55 sampai 4,6 million ounces.


4. Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc.
Berbasis di Arizona, Amerika Utara. Tambang mereka terletak di Amerika Utara, Amerika Selatan dan Indonesia, dengan total produksi 2.105 million ounces emas dalam 9 bulan pertama tahun 2009.


5. GoldCorp Inc.
.Berbasis di Vancouver, Kanada. Jangka waktu 9 bulan ini (berakhir September), mereka memproduksi 1,820 million ounces emas dari 16 tambangnya di seluruh dunia. Untuk tahun 2009, mereka memiliki panduan produksi emas sekitar 2,4 million ounces.


6. Kinross Gold Corporation
Berkantor pusat di Toronto, Kanada. Selama 9 bulan pertama tahun 2009 mereka memiliki produksi emas 1,624,807 ounces yang berasal dari 9 tambang mereka di seluruh dunia.


7. Harmony
Kantor pusat berlokasi di Randfontein Gauteng, Africa Selatan. Di 9 bulan pertama 2009, produksi emas mereka 1.46 million ounce, dari operasi di 2 negara : Afrika Selatan (utamanya berada di Witwatersrand Basin di empat propinsi, Gauteng, North West Province, Mpumalanga dan the Free State) serta di Papua New Guinea.


8. Newcrest Mining Ltd.
BErkantor pusat di Melbourne,Australia. Memiliki produksi emas sebesar 1,139,704 ounces. Newcrest mengoperasikan enam tambang , lima diantaranya berlokasi di Australia dan satu di Indonesia.


9. Gold Fields Inc.
Berkantor pusat di Johannesburg, Afrika Selatan. Mereka beroperasi di Afrika Selatan, Ghana, Australia dan Peru. Produksi emasnya 906,000 ounces dalam 9 bulan pertama. Memiliki target untuk meningkatkan produksi sekitar 925,000 ounces pada kuartal berikut ini.


10. Lihir Gold Ltd.
Bermarkas di Papua New Guinea, dengan operasi tambang di Papua Nugini, Australia dan Afrika Barat. Selama sembilan bulan pertama 2009 mereka memiliki produksi emas sebanyak 845,000 ounces. Untuk tahun 2009 ini, perusahaan berharap menghasilkan 1 sampai 1,2 million ounces.

Sebagai data tambahan, berikut beberapa produsen emas besar dunia lainnya :

Rio Tinto plc (RTP)
Berkantor pusat di London. lokasi tambangnya di Kennecott Minerals and Kennecott Utah Copper in the USA, joint ventures at Escondida (Chile), Grasberg (Indonesia) dan Northparkes (Australia). Untuk tahun 2009 ini, saya mengalami kesulitan dalam pengumpulan data produksi emasnya, tapi untuk tahun 2008 Rio Tinto memproduksi emas 1,23 million ounce dari tambang2 yang berlokasi di Bingham Canyon (U.S), Cortez/Pipe Line (U.S) dan Grasberg (Indonesia). Sumber data : uk.reuters.com / www.infomine.com


Agnico-Eagle Mines Ltd.
Perusahaan Kanada yang bermarkas di Toronto.Dengan produksi emas dalam 9 bulan pertama tahun 2009 adalah 329,628 ounces. Untuk setahun penuh 2009 produksi diperkirakan sekitar 500,000 ounces.
Mereka meramalkan produksi emas 2010 sebanyak 1,0 million ounces sampai 1,1 million ounces, sedangkan perkiraan untuk 2011 hingga 2015 tetap tidak berubah.


Yamana Gold Inc.
Perusahaan Kanada bermarkas di Toronto. Sebuah perusahaan yang relatif muda, hanya memiliki operasi dimulai pada tahun 2003. Total produksi dari seluruh tambang emas 314.707 (sekitar 8,78 ton) untuk 9 bulan pertama. Perusahaan berencana menargetkan produksi dalam kisaran 1,05 sampai 1,1 million ounce untuk tahun 2009 ini. Mereka memiliki komitmen untuk memproduksi sekurang-kurangnya 1,1 million ounce setiap tahunnya dan diharapkan meningkat terus mulai dari tahun 2010 sampai seterusnya.

Studi bertajuk Strategies for Gold Reserves Replacement yang diadakan oleh Metals Economics Group’s (MEG) baru- baru ini menyimpulkan bahwa antara tahun 1999 dan 2008 produsen emas terbesar dunia ( yaitu produsen dengan jumlah produksi 450,000 ounces atau lebih, pada tahun 2008 ) mengalami kenaikan biaya operasi, kekurangan peralatan dan tenaga kerja, kekurangan pasokan listrik, perang, rintangan untuk ijin operasi perusahaan, topan, oposisi politik, dan hambatan lain yang menyebabkan kehilangan hampir dua kali lipat cadangan emas mereka dalam proses produksinya. Kelompok terbesar ini meningkatkan produksi agregat totalnya sebesar 10,7 Moz / tahun, dan bersama-sama menyumbang sekitar 55% produksi emas dunia pada tahun 2008.