Recent Posts

Add Logo ADIRA SEO Festive 2011

Pengertian Alat Alat Optik Contoh dan Benda Bendanya

Alat Optik, alat optik adalah alat penglihatan atau untuk melihat,,

Salah satu bagian yang ada dalam mata adalah lensa mata. Lensa mata ini berperan untuk membiaskan cahaya yang masuk ke mata. Lensa mata berbentuk cembung dengan ukuran yang berubah-ubah disesuaikan dengan kebutuhan. Artinya bentuk lensa elastis. bisa menebal maupun menipis.
Pada mata Normal, bayangan yang dibentuk berada di retina. Bisa kita analogikan retina ini sebagai layar. Bayangan yang terbentuk di retina ini selanjutnya dikirim ke otak untuk diterjemahkan atau diproses. Mata akan dapat melihat dengan jelas benda-benda yang berada pada daerah jangkauan. daerah jangkauan mata berada pada 25 cm sampai tak hingga (∞). hal ini dapat terjadi jika mata berada dalam kondisi normal dan tidak ada gangguan / pengaruh dari luar misalkan kabut. Titik terdekat dimana mata bisa melihat dengan jelas dinamakan sebagai punctum proximum (PP) yaitu 25 cm. Sedangkan titik terjauh dimana mata masih dapat melihat dengan jelas dinamakan sebagai punctum rematum (PR) yang nilainya ∞.
Adakalanya mata tidak dapat berfungsi dengan maximal. Beberapa gangguan mata yang sering terjadi adalah :
Rabun Dekat (Presbiopi)
Mata dikatakan mengalami rabun dekat apabila penderita tidak dapat melihat benda yang berada pada jarak dekat. Artinya pada jarak 25 cm dia tidak dapat melihat dengan jelas. Titik dekatnya telah bergeser ke jarak yang lebih jauh (>25 cm) akibatnya benda yang berada 25 cm didepannya tidak terlihat jelas.
Rabun dekat ini disebabkan bentuk lensa mata yang terlalu tipis. Akibatnya bayangan yang seharusnya tepat di retina akan bergeser ke belakang retina. Karena di retina tidak ada bayangan maka otak tidak menerima informasi keberadaan benda.
untuk membantu penderita rabun dekat ini, diperlukan lensa yang berbentuk cembung.


Benda optik
Benda optik adalah benda yang menggunakan lensa optik untuk melakukan fungsinya dalam membantu kegiatan tertentu. Lensa optik bisa terbuat dari bahan kaca, plastik, fiber, dan lain sebagainya. Berikut di bawah ini merupakan arti definisi / pengertian dari beberapa benda / alat optik yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.
1. Teropong Bintang
Teropong bintang adalah alat yang digunakan untuk melihat atau mengamati benda-benda di luar angkasa seperti bulan, bintang, komet, dan lain sebagainya. Sifat bayangannya adalah maya, terbalik dan diperbesar.
2. Teropong Bumi
Teropong bumi adalah alat yang digunakan untuk melihat atau mengamati benda-benda jauh yang ada di permukaan bumi. Bayangan yang terbentuk sifatnya maya, diperbesar dan tegak.
3. Mikroskop
Mikroskop adalah alat yang dapat digunakan untuk melihat suatu benda yang jaraknya dekat dengan ukuran yang sangat kecil (mikron) untuk diperbesar agar dapat dilihat secara detil. Sifat bayangan yang terjadi yaitu maya, terbalik dan diperbesar. Biasanya digunakan untuk melihat bakeri, sel, virus, dan lain-lain.
4. Teropong Prisma
Teropong prisma adalah tropong yang berfungsi untuk melihat benda yang jauh agar tampak lebih dekat dan terlihat jelas.
5. Periskop
Periskop adalah teropong yang digunakan oleh kapal selam yang pada umumnya digunakan untuk melihat keadaan sekitar di luar kapal selam.
6. Teropong Cermin
Tropong Cermin adalah teropong yang digunakan untuk melihat benda-benda langit antariksa dengan sifat gambar tidak terbalik, diperbesar, maya.
7. Teropong Radio
Teropong radio adalah benda optik yang digunakan untuk melihat benda angkasa di luar angkasa yang jaraknya sangat jauh sekali.
8. Episkop
Episkop adalah suatu benda yang berguna untuk memproyeksikan gambar yang tidak tembus cahaya dengan sifat bayangan tegak diperbesar.
9. Proyektor Slide
Proyektor slide adalah alat yang memiliki fungsi menampilkan bayangan sebuah gambar positif yang dapat ditembus cahaya.
10. Overhead Proyektor / OHP
Over Head Projectror adalah benda yang berguna untuk melihat bayangan gambar diapositif seperti yang umumnya digunakan untuk presentasi di kelas.
11. Kaca Pembesar / Lup / Loop
Kaca pembesar adalah benda optik yang berguna untuk mengamati benda kecil agar tampak lebih besar dan jelas dengan menggunakan jenis lensa positif.

0 komentar:

Poskan Komentar