Recent Posts

Add Logo ADIRA SEO Festive 2011

Bentuk Bentuk Energi dan Perubahannya

Bentuk-bentuk Energi

Energi dalam tubuh kita berasal dari makanan yang kita makan, energi itu disebut energi kimia. Energi yang digunakan pada pengisian aki berasal dari listrik sehingga disebut energi listrik. Selain energi kimia dan energi listrik masih banyak bentuk energi yang lain. Antara lain energi kalor, energi cahaya, dan energi bunyi.

Energi kimia
Selain terdapat dalam makanan, energi kimia juga terdapat dalam bahan bakar, seperti bensin, minyak tanah, dan kayu bakar. Energi kimia diperoleh dari hasil pembakaran makanan atau bahan bakar. Pembakaran makanan dalam tubuh kita menghasilkan energi yang dapat kita gunakan untuk melakukan aktivitas. Pembakaran bensin menghasilkan energi yang dapat digunakan untuk menjalankan mesin kendaraan.

Energi listrik
Energi listrik merupakan energi yang dimiliki benda karena adanya arus listrik. Contoh energi listrik dapat kita temui pada berbagai peralatan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, untuk menyalakan lampu, memanaskan setrika, televisi, radio, dan berbagai benda elektronik lainnya.

Pada umumnya, listrik kita gunakan di rumah berasal dari pembangkit tenaga listrik. Arus yang dihasilkan oleh pembangkit tenaga listrik kemudian disalurkan ke berbagai pemukiman penduduk, daerah perkantoran, dan industri melalui jaringan listrik.

Energi cahaya
Energi cahaya berasal dari benda yang memancarkan cahaaya, misalnya lampu listrik, api, atau matahari. Intensitas cahaya yang semakin tinggi menandakan energi cahaya yang dipancarkan semakin banyak.

Energi kalor
Energi kalor merupakan energi yang dihasilkan oleh getaran partikel-partikel dalam suatu benda. Apabila getaran atom-atom benda tersebut semakin cepat, maka energi kalor yang dimiliki benda semakin besar.

Energi Bunyi
Energi bunyi berasal dari suatu benda yang bergetar. Jika suatu benda bergetar, partikel udara yang bersentuhan dengan benda tersebut akan bergetar. Getaran benda diteruskan ke seluruh ruangan lewat partikel udara.

Perubahan Bentuk Energi

Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Contoh : pada saat kita menyalakan televisi, televisi menyala karena ada energi listrik. Energi listrik tersebut kemudaian berubah menjadi energi cahaya dan energi suara. Oleh karena itu, kita dapat menonton gambar di televisi dan mendengarkan suara yang muncul.

0 komentar:

Poskan Komentar